Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aldiron: Pembongkaran Pasar Cinde Bukan Tanggung Jawab Pengembang

Kompas.com - 06/10/2017, 15:42 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Aldiron Group menampik bila pembongkaran Pasar Cinde di Palembang, Sumatera Selatan yang tengah dilakukan, merupakan bagian dari kerja sama build operate transfer antara mereka dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. 

Pasar Cinde yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Wali Kota Palembang, diketahui sudah mulai dibongkar sejak awal September 2017 lalu.

“Sesuai perjanjian Kerja Sama maka  pembongkaran bangunan Pasar Cinde bukan menjadi kewenangan, kewajiban, tanggung jawab pengembang,” kata Direktur Utama Aldiron Group Atar Tarigan kepada KompasProperti, Jumat (6/10/2017).

Dalam perjanjian, Aldiron selaku pengembang yang akan melaksanakan revitalisasi pasar tersebut, hanya akan menerima setelah lahan kosong atau telah dirubuhkan.

Sementara, pekerjaan pembongkaran, kata dia, bukan menjadi tanggung jawab pengembang.

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) sebelumnya menyesalkan pembongkaran Pasar Cinde. Pembongkaran tersebut, dinilai telah melanggar Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Surat Keputusan Wali Kota Palembang Nomor 179a/KPTS/DISBUD/2017 tentang Penetapan Pasar Cinde sebagai Cagar Budaya.

Ketua Badan Pelestarian Arsitektur IAI Aditya W Fitrianto meminta, agar pembongkaran Pasar Cinde segera dihentikan.

Selain itu, ia meminta, agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan dan pengembang pasar tersebut, menaati rekomendasi yang dikeluarkan Tim Kajian Pelestarian 

"Ketiga, mengubah strategi pengembangan pasar dan fasilitas baru dalam kerangka Revitalisasi Pasar Cinde Terpadu," kata dia.

Terakhir, IAI meminta agar Pemprov Sumatera Selatan dan pengembang mengedepankan pembangunan kota berkelanjutan, dengan mempertahankan salah satu aset sejarah kota Palembang 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com