Kompas.com - 29/09/2017, 09:33 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono Arimbi RamadhianiMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Setiap lapisan masyarakat membutuhkan hunian. Namun, tidak semuanya memiliki akses yang sama untuk membeli dan memiliki rumah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku sering mendengar keluhan masyarakat terkait akses perumahan.

Salah satunya yang ia dengar langsung adalah dari tukang cukur di bilangan Jalan Tendean, Jakarta.

"Saya pernah sambil dicukur, sambil dengar mereka (tukang cukur) cerita ingin sekali punya rumah," ujar Basuki saat bincang bisnis "Rumah untuk Rakyat" di SCTV Hall, Senayan City, Jakarta, Kamis (29/9/2017) malam.

Basuki menuturkan, ketika itu, seorang tukang cukur yang memangkas rambutnya bercerita tentang kesulitan membeli rumah. Namun dia mengatakan punya kemampuan mencicil.

Tukang cukur yang dimaksud Basuki bahkan mampu mengirimkan uang kepada keluarga di kampung sebesar Rp 300.000 setiap minggu.

Jika dalam seminggu saja tukang cukur dapat menyisihkan Rp 300.000, maka dalam sebulan bisa mencapai Rp 1,2 juta.

Nilai ini tentu bersih tanpa dipotong kebutuhan tukang cukur sehari-harinya di kota.

"Mereka ini sangat mampu sebenarnya. Sekarang saja cicilan rumah subsidi hanya sekitar Rp 700.000-Rp 900.000 per bulan selama 15-20 tahun," jelas Basuki.

Ia melanjutkan, kesulitan para tukang cukur maupun masyarakat dengan pekerjaan informal lainnya adalah pada akses perbankan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.