Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Mengelola Lahan Gambut seperti Merawat Bayi

Kompas.com - 04/09/2017, 12:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengingatkan, restorasi lahan gambut harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Pasalnya, lahan gambut termasuk ke dalam ekosistem yang rentan terbakar terutama saat kondisi kering.

Basuki mengatakan hal tersebut saat penandatanganan kerja sama antara Kementerian PUPR dan Badan Restorasi Gambut di Kantor Kementerian PUPR, Senin (4/9/2017).

Restorasi lahan gambut merupakan salah tugas Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, dalam hal ini kegiatan yang dilakukan antara lain dengan menutup atau menimbun kanal-kanal eks proyek lahan gambut secara bertahap.

"Setahu kami, mengelola gambut atau rawa ini kayak bayi. Ini adalah living environment, sehingga perlu dikelola dengan penuh kasih sayang betul," kata Basuki.

Sebagai negara dengan luas ekosistem gambut terbesar keempat di dunia, Basuki mengatakan, pengelolaan ekosistem gambut harus dilakukan secara tepat.

Hal ini guna mendukung pembangunan serta sumber daya ekonomi masyarakat, di samping mengurangi kadar pencemaran emisi udara.

Salah contoh pemanfaatan lahan gambut yaitu pemanfaatan satu juta hektar lahan untuk pertanian tanaman pangan di Kalimantan Tengah.

"Lahan gambut ini selain sebagai cadangan air, juga sebagai sumber pengairan sawah kalau kita bisa mengelolanya dengan hati-hati," tuntas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com