Kompas.com - 26/09/2017, 10:30 WIB
Lippo Group membangun kota baru Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Di tengah kota itu, dibangun Central Park seluas 100 hektar yang dilengkapi danau seluas 25 hektar yang mampu menampung 300 meter kubik air. KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDILippo Group membangun kota baru Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Di tengah kota itu, dibangun Central Park seluas 100 hektar yang dilengkapi danau seluas 25 hektar yang mampu menampung 300 meter kubik air.
Penulis Latief
|
EditorLatief


Cikarang, KompasProperti - Salah satu keseriusan pengembang merancang kawasan kota mandiri yang ideal adalah menyediakan pengelolahan limbah air untuk memasok secara mandiri kebutuhan air untuk kawasan yang dikembangkannya.

"Keseriusan pengembang bisa dibuktikan dengan kesiapannnya menyediakan infrastruktur di dalamnya dan jaringan transportasi yang mengintegrasikan kota mandiri dengan kota induknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

" Infrastruktur yang harus ada dalam sebuah kawasan kota baru itu adalah Water Treatment Plant (WTP) dan Waste Water Treatment Plant (WWTP) "Selain untuk mengolah limbah menjadi air bersih, keberadaan Water Treatment Plant ini juga penting untuk memasok kebutuhan air kawasan," ujar Jukian Salim, Direktur PT Lippo Cikarang Tbk," Senin (25/9/2017)

Salim mencontohkan, di kawasan Lippo Cikarang seluas sekitar 5.000 hektar, air bersih dipasok dari Unit Pengolahan Air Bersih (Water Treatment Plant) Lippo Cikarang. Kualitas air tersebut sudah memenuhi standar Departemen Kesehatan (SK Menkes No. 416/Menkes/PER/1990). Pusat Penjernihan Air.

"Sementara untuk keamanan lingkungan, air limbah yang dihasilkan industri-industri kami Cikarang disalurkan melalui pipa-pipa bawah tanah dan diproses lewat Unit Pengolahan Air Limbah (Waste Water Treatment Plant). "Proses pengolahan air ini sudah memenuhi ketentuan yang ditetapkan pemerintah," tambah Salim.

Dia mengatakan, konsep pengolahan air yang dikembangkan itu nantinya akan diadopsi untuk dikembangkan di kota baru Meikarta.

"Secara bertahap akan dikembangkan seperti ini," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.