Kompas.com - 24/09/2017, 22:17 WIB
Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). KOMPAS.com/ RODERICK ADRIAN MOZESSuasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017).
|
EditorHilda B Alexander

SEMARANG, KompasProperti - Tol Bawen-Salatiga yang diklaim sebagai jalan bebas hambatan dengan panorama terindah se-Indonesia ini akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (25/9/2017) besok petang.

Baca: Hendak Diresmikan Jokowi, Tol Bawen-Salatiga Kembali Ditutup

Rencananya, Jokowi akan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, Direktur Utama PT Jasa Marga (persero) Tbk Desi Arryani, dan Direktur Utama Astra Infra Wiwiek D Santosa.

Ruas Tol Bawen-Salatiga dirancang sepanjang 17,6 kilometer, dan merupakan Seksi III dari Jalan Tol Semarang-Solo dengan total panjang 72,64 kilometer.

Seksi I dan II sudah lebih dulu beroperasi, yakni dari Semarang sampai Bawen sepanjang 22,8 kilometer. Rinciannya, Seksi I ruas Semarang-Ungaran sepanjang 10,8 kilometer telah beroperasi pada 17 November 2011.

Baca: Ini Daftar Tarif Tol Bawen-Salatiga

Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.
Sedangkan Seksi II ruas Ungaran-Bawen sepanjang 12 kilometer secara resmi dibuka pada tanggal 11 April 2014. Sisa 2 seksi lagi yang belum dikerjakan, yaitu Salatiga-Boyolali dan Boyololi-Kartosuro dengan panjang masing-masing 24,14 kilometer dan 8,41 kilometer.

Selaku pemegang konsesi tol ini adalah PT Trans Marga Jateng (TMJ) yang merupakan usaha patungan antara PT Jasa Marga (persero) Tbk, Astra Infra, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah.

Direktur Utama PT Jasa Marga (persero) Tbk Desi Arryani mengatakan pengoperasian ruas Bawen-Salatiga adalah bagian dari rencana strategis dalam rangka meningkatkan aset perseroan yang akan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dalam jangka panjang.

Desi menambahkan, pengoperasian ruas ini juga bagian dari upaya untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.