Kompas.com - 09/09/2017, 21:00 WIB
Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak. Dokumentasi BPJT Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Untuk mengurangi kepadatan di jalan tol, salah satu skema yang memungkinkan diterapkan adalah membatasi jam operasional truk.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna hal ini didasarkan pada dua hal. "Pertama, truk ini sendiri sebagian besar overload. Ini harus dibenahi," ujar Herry, Jumat (8/9/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Truk yang kelebihan beban ini tidak dapat melaju sesuai kecepatan yang ditentukan. Sementara kecepatan kendaraan yang terlalu rendah dapat mengganggu kendaraan lain dan mengakibatkan kemacetan.

Baca: BPJT Setuju Penetapan Jam Operasional Truk di Jalan Tol

Pertimbangan kedua, imbuh Herry, adalah tujuan dan asal truk-truk tersebut. Kendaraan logistik ini kebanyakan mengangkut barang-barang dari dan ke pelabuhan untuk didistribusikan melalui laut.

"Melihat tujuannya, bisa tidak diundur waktunya. Tapi, tentu harus dikaitkan juga pelabuhannya," jelas Herry.

Dia menambahkan, jangan sampai pembatasan waktu operasional truk dilakukan di jalan tol, namun waktu untuk bongkar-muat di pelabuhan tidak mencukupi.

Dengan demikian, Herry menilai pembatasan waktu operasional truk yang melewati tol harus disesuaikan dengan jadwal pelabuhan.

Meski begitu, dengan uji coba dan evaluasi, skema pembatasan waktu operasional truk yang melewati jalan tol akan terlihat yang paling memungkinkan diterapkan daripada opsi lainnya.

Pasalnya, opsi lain yang ideal diterapkan untuk mengurai kemacetan adalah menambah kapasitas jalan tol.

Hal ini tentu saja tidak dapat dilakukan kapan saja, bahkan mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.