8 September, GT Cibubur Utama dan Cimanggis Utama Dihapus

Kompas.com - 05/09/2017, 17:05 WIB
Dirut PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani dan Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna. KOMPAS.com / DANI PRABOWODirut PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani dan Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengeluarkan keputusan terkait integrasi Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

Integrasi tersebut membuat transaksi di Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama dan Cibubur Utama ditiadakan.

"Tanggal 8 September akan dilakukan di Cibubur Utama dan Cimanggis Utama, sehingga hanya terjadi sekali transaksi," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna di Kantor Kementerian PUPR, Selasa (5/8/2017).

Perubahan ini menyebabkan sistem pembayaran di Tol Jagorawi yang sebelumnya terbuka dan tertutup menjadi hanya sistem terbuka.

Seperti diketahui, sistem transaksi terbuka yang masih berlaku saat ini terjadi di ruas Cawang-Taman Mini/Dukuh dan ruas Cawang-Cibubur dengan pentarifan tol merata.

Adapun sistem tertutup berlaku untuk ruas Simpang Susun Cimanggis sampai dengan Bogor/Ciawi, berlaku sistem penarifan tol proporsional tergantung asal dan tujuan.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani menuturkan, perubahan sistem ini dilakukan menyusul terbitnya Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 692/KPTS/M/2017 tanggal 31 Agustus 2017.

"Jadi tanggal 8 September mulai pukul 00.00 WIB akan dimulai sistem integrasinya," kata dia.

Untuk besaran tarif tol yang ditentukan yaitu Rp 6.500 bagi kendaraan Golongan I. Sedangkan, untuk kendaraan Golongan II akan dikenakan tarif Rp 9.500.

Adapun tarif kendaraan Golongan III, IV, dan V masing-masing yaitu Rp 13.000, Rp 16.000 dan Rp 19.500. Sistem pentarifan diberlakukan secara merata.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X