Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

September, Tol Purbaleunyi Tak Lagi Layani Transaksi Tunai

Kompas.com - 31/08/2017, 18:40 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Mulai September 2017, tiga gerbang tol (GT) di ruas Tol Purbaleunyi hanya akan melayani sistem pembayaran non tunai.

Langkah tersebut merupakan upaya untuk menerapkan 100 persen elektronifikasi di jalan tol mulai Oktober 2017.

Ketiga GT tersebut yakni GT Baros 1, GT Sadang, dan GT Moh Toha.

"Gardu masuk pada ketiga gerbang tersebut tidak lagi mengeluarkan Kartu Tanda Masuk, melainkan pengguna jalan wajib tapping uang elektronik mereka, dan untuk selanjutnya uang elektronik tersebut di tapping kembali di gerbang keluar," kata General Manager Cabang Purbaleunyi Setia Budi, dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, Kamis (31/8/2017).

Untuk GT Baros 1, elektronifikasi sistem pembayaran akan efektif diterapkan pada 22 September.

Selama ini, volume kendaraan yang melintasi GT itu mencapai 6.300 kendaraan per hari, dengan jumlah transaksi non tunai mencapai 27 persen.

Sedangkan, untuk GT Sadang penerapan transaksi non tunai akan dilakukan pada 26 September.

Saat ini, jumlah pengguna transaksi non tunai baru 18 persen dari jumlah volume kendaraan yang mencapai 7.000 unit per hari.

Adapun pembayaran non tunai di GT Moh Toha akan dimulai pada 29 September. Saat ini, baru 26 persen kendaraan yang telah menggunakan transaksi non tunai, dari jumlah volume 11.500 kendaraan setiap harinya.

"Dengan diterapkannya 100% transaksi non tunai pada gerbang-gerbang tol tersebut, kami harapkan pengguna jalan tol tersosialisasi dan terdorong untuk mulai melakukan transaksi non tunai setiap menggunakan jalan tol khususnya di jalan tol Purbaleunyi," tuntas Setia Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com