Kota Baru di Cikarang Tawarkan Hunian yang Sesuai Kantong Pekerja

Kompas.com - 03/09/2017, 10:16 WIB
Kota baru Meikarta di Cikarang Kota baru Meikarta di Cikarang
|
EditorKurniasih Budi


KompasProperti - Tingginya laju pertumbuhan penduduk turut meningkatkan kebutuhan hunian di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2015, selisih pasokan dan permintaan hunian (backlog) mencapai 11,4 juta.

Berpijak dari data tersebut, sekitar 11,4 juta rumah tangga di Indonesia belum memiliki rumah atau hunian milik sendiri. Padahal, sebagian orang yang membutuhkan hunian pribadi adalah kelas pekerja.

Para pekerja memiliki penghasilan tetap yang nilai minimalnya telah diatur oleh pemerintah. Besar upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta per 2017 adalah Rp 3.355.750. Angka itu naik 8,25 persen dibandingkan UMP 2016 sebesar Rp 3,1 juta.

Penetapan UMP tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Perhitungan kenaikan upah minimum berdasarkan ‎tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca: UMP DKI 2017 Diteken, Ahok Minta Buruh Tak Mogok Massal

Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga telah menetapkan upah minimum kabupaten (UMK) di Jawa Barat per 2017 rata-rata naik 8,25 persen. Kabupaten Karawang menetapkan upah tertinggi dengan nilai Rp 3.605.272. Sementara, rata-rata nilai UMK 2017 di Jawa Barat yaitu Rp 2.324.555.

Sementara, harga produk properti di sekitar koridor Bekasi hingga Cikarang mencapai Rp18 juta sampai Rp20 juta per meter persegi.

Lippo Group menawarkan kota baru dengan hunian apartemen lengkap dengan beragam fasilitas yang memudahkan para penghuninya. Pada tahap pertama, Lippo berencana membangun 200 ribu unit apartemen di kota yang dinamai Meikarta itu.

CEO Lippo Group James Riady mengatakan, salah tujuan pembangunan proyek ini adalah untuk mengurangi kebutuhan hunian masyarakat.

"Di Indonesia ini ada 8 juta orang yang punya pekerjaan, punya gaji, tapi tidak punya rumah," katanya usai peluncuran Meikarta di Lippo Cikarang, Kamis (17/8/2017).

Baca juga: James Riyadi: 8 Juta Orang Pekerja Tidak Punya Rumah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X