Cilacap Bangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Pertama di Indonesia

Kompas.com - 27/07/2017, 07:30 WIB
Ilustrasi sampah plastik. ThinkstockIlustrasi sampah plastik.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - PT Holcim Indonesia, Tbk. resmi membangun proyek Pengolahan Sampah Menjadi Refuse Derived Fuel (RDF) di TPA Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Proyek ini dibangun atas kerja sama Holcim dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Pemerintah Denmark.

Fasilitas pengolahan sampah domestik terpadu yang pertama di Indonesia ini, menelan investasi Rp 60 miliar.

Dibangun di atas lahan seluas 1 hektar milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, fasilitas tersebut direncanakan rampung pada kuartal III-2018.

Pada tahap operasi nanti, fasilitas ini akan mampu menyerap hingga 120 ton sampah domestik setiap harinya, yang akan diolah dengan metode pengeringan secara biologi atau bio drying, untuk dijadikan RDF.

RDF merupakan salah jenis bahan bakar alternatif yang akan dimanfaatkan sebagai subsitusi bahan bakar tradisional (batu bara) di pabrik Holcim Cilacap.

"Upaya penyediaan lahan baru untuk TPA memerlukan investasi sekitar Rp 40 miliar setiap lima tahun, ditambah dengan sulitnya mencari lahan dan potensi penolakan masyarakat yang cukup tinggi," ujar Bupati Kabupaten Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Rabu (26/7/2017).

Pengolahan sampah saat ini yang masih mengandalkan sistem penutup tanah tidak menyelesaikan permasalahan sampah.

Pemkab Cilacap lalu berinisiatif menawarkan kerja sama pengelolaan sampah ke berbagai unsur masyarakat, termasuk dengan swasta.

Kemudian, Holcim menawarkan solusi pengolahan sampah menggunakan metode RDF. Holcim melalui unit bisnisnya, Geocycle, terus berusaha meningkatkan penggunaan bahan bakar dan material alternatif, di antaranya bahan bakar RDF.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X