Kompas.com - 10/07/2017, 17:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Selama arus mudik dan balik Lebaran 2017, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan potongan harga 20 persen bagi pengguna jalan tol yang menggunakan kartu elektronik atau e-card saat transaksi.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga (persero) Tbk Desi Arryani, pemberlakuan diskon ini cukup efektif meningkatkan pengguna kartu elektronik meski tidak terlalu signifikan. 

"Ada peningkatan (pengguna kartu elektronik) sebesar 6 persen. Kami berharapnya lebih tinggi lagi, tapi ini pun bagus karena meningkat," ujar Desi saat jumpa pers Evaluasi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2017, di Jakarta, Senin (10/7/2017). I

Desy mengatakan, dalam kondisi normal pengguna kartu elektronik di jalan tol yang dikelola Jasa Marga adalah 28 persen. Sedangkan saat Lebaran, pengguna kartu elektronik bertambah menjadi 34 persen.

Penetrasi peningkatan penggunaan kartu elektronik paling tinggi tercatat di ruas Jakarta-Cikampek (Japek) sebesar 8 persen.

Pada kondisi normal, pengguna kartu elektronik di ruas ini adalah sebesar 21 persen. Sedangkan saat arus mudik dan balik, naik menjadi 29 persen.

Setelah Japek, ruas selanjutnya yang mencatatkan pengguna kartu elektronik dengan peningkatan tertinggi adalah Jakarta-Tangerang, yakni 6 persen.

Meski peningkatannya di bawah Japek, tetapi secara persentase, jumlah pengguna kartu elektronik di ruas iniblebih tinggi.

Pada kondisi normal, pengguna kartu elektronik di ruas Jakarta-Tangerang adalah sebesar 38 persen. Sedangkan saat arus mudik dan balik, persentasenya naik menjadi 44 persen.

Diskon 20 persen untuk pengguna uang elektronik ini berlaku pada H-3 sampai H+2 dan H+4 sampai H+6 Lebaran 2017.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.