Kompas.com - 07/07/2017, 13:00 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Kendati pelaksanaan musim mudik dan balik Lebaran kali ini terbilang berhasil, namun masih ada sejumlah catatan dalam pelaksanaannya. Terutama, dalam hal mengatasi persoalan macet di sejumlah titik yang berada di Sumatera dan Jawa.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat adanya sepuluh titik kemacetan. Langkah antisipasi pun telah disiapkan agar saat musim mudik Lebaran 2018, tingkat kemacetan dapat ditekan.

Berikut titik kemacetan dan langkah antisipasinya:

1. Sei Rampah di Sumatera Utara

Adanya pasar tumpah di sebelah Kampung PON di pintu keluar tol sementara, serta jalan menuju Tebing Tinggi yang bersilangan dengan jalan nasional, menyebabkan antrian panjang.

Perlu adanya percepatan penyelesaian tol sampai Tebing Tinggi sehingga pintu keluar tidak lagi di Sei Rempah.

2. Padang-Bukit Tinggi-Pekanbaru

Peningkatan volume kendaraan menjadi penyebab kemacetan, solusinya perlunya dikembangkan jalur alternatif (Payakumbuh-Batu Sangkar-Singkarak dan Baso-Koto Baru).

3. Bandar Lampung-Kota Baru

Meski dari sisi kapasitas jalan telah terpenuhi, kemacetan masih terjadi akibat perilaku masyarakat yang masih memarkirkan kendaraannya secara liar. Parkir liar itu tumbuh akibat adnaya pertokoan dan pasar di sisi jalan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.