Bali dan Jakarta, Pasar Hotel Terbesar Ke-6 di Asia Pasifik

Kompas.com - 05/07/2017, 15:47 WIB
ilustrasi hotel shutterstockilustrasi hotel
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Dua wilayah di Indonesia, yakni Bali dan Jakarta tercatat sebagai pasar perhotelan terbesar ke-6 di antara 25 kota besar di seluruh Asia Pasifik.

Dalam riset tahunan terbaru Asia Pacific Hotel Operator Guide 2017 keluaran HVS, keduanya dinyatakan aktif dalam pengembangan hotel.

Bali berada di posisi ke-enam dengan hotel eksisting alias sudah beroperasi sebanyak 85 properti.

Sementara ibu kota Indonesia, Jakarta, menempati peringkat ketujuh dengan jumlah hotel eksisting 77 properti. 

Bali dan Jakarta hanya kalah dari Beijing dengan 303 hotel, Shanghai 202 hotel, Bangkok 114 hotel, dan Hongkong 90 hotel.

Menyusul di bawah Jakarta adalah Hangzhou dengan 75 hotel, Guangzhou 69 hotel, dan Singapura 65 hotel.

Sepuluh besar pasar hotel ini mewakili 25 persen pasar Asia Pasifik atau total hotel yang beroperasi sebanyak 1.171 properti.

Pipa pengembangan

Selain meriset pasar hotel berdasarkan volume properti, HVS juga melaporkan pipa pengembangan hotel baru di 25 kota Asia Pasifik.

Menurut Managing Partner HVS Asia Pacific Daniel J Voellm, di antara sepuluh pasar teratas dengan jaringan pipa terkuat, terdapat pergeseran yang jelas antara Malaysia, China, dan Indonesia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X