Kompas.com - 02/07/2017, 13:39 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Menghadapi arus balik lebaran ke arah Jakarata, para pengelola tol atau badan usaha jalan tol (BUJT) memberlakukan contra flow.

Contohnya, di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. PT Jasa Marga (persero) Tbk memberlakukan contra flow mulai dari KM 62 hingga KM 35.

Rekayasa lalu lintas ini dibuka sejak pukul 10.40. Hal ini dilakukan supaya mengurangi kepadatan kendaraan yang akan masuk ke rest area KM 62 dan 52.

Sementara PT Lintas Marga Sedaya (LMS) menerapkan kebijakan contra flow di KM 104 hingga KM 100 di jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) selama waktu yang diperlukan.

"Langkah ini dilakukan di bawah koordinasi Kepala Korps Lalu Lintas Polri untuk membantu mengurai kemacetan saat balik Lebaran," ujar Wakil Direktur Utama LMS Firdaus Azis dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Minggu (2/7/2017).

Selain itu, belasan gardu tol lain juga disiapkan LMS untuk membantu mengurai kepadatan arus balik.

Sejak meningkatnya tren arus balik mulai dari 29 Juni 2017 (H+3), LMS telah mengoptimalkan gardu di GT Palimanan Utama sampai dengan kapasitas maksimal yang dioperasikan berdasarkan kondisi dan kebutuhan di lapangan.

"Pagi ini kami mengoperasikan 18 gardu untuk arah Jakarta, dan 7 gardu untuk arah Cirebon,” jelas Firdaus.

Kompas Video Kompas.com - Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dan Otomania.com kembali memantau perkembangan pembangunan Tol Brebes Menuju Pemalang. Tim akan menelusuri ruas Tol baru dari Brebes hingga Surabaya.
Kompas Video Ruas Tol Bawen-Salatiga yang termasuk bagian dari Jalan tol Semarang-Solo akan digunakan saat mudik Lebaran 2017.
Kompas Video Para pengguna jalur Tol Ruas Solo-Sragen wajib waspada dikarenakan terdapat 54 Persimpangan dengan jalur warga.
Kompas Video Begini kondisi ruas Tol Jombang-Mojokerto.
Kompas Video Saat melintasi ruas Tol Bangil-Rembang pengendara disuguhi pemandangan indah Gunung Arjuno.
Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.