Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2017, 15:00 WIB
Cahyu Cantika Amiranti

Penulis


KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan melakukan penutupan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TI/TIP) atau rest area di sepanjang jalan tol yang digunakan untuk arus balik Lebaran 2017. Hal ini dilakukan untuk menciptakan arus balik yang lebih efisien.

Penutupan tersebut juga telah dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian dengan memperhatikan kondisi lalu lintas.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan Jasa Marga, TI/TIP menjadi salah satu penyebab kepadatan lalu lintas di jalan tol.

“Kepadatan yang terjadi disebabkan kendaraan pengguna jalan masuk keluar rest area, selain perilaku beberapa pengguna jalan yang menggunakan bahu jalan di sekitar TI/TIP sebagai lahan parkir,” ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, dalam rilis yang diterima KompasProperti Kamis (29/6/2017).

Sebagai informasi, di tol Jakarta-Cikampek terdapat rest area di KM 71, KM 62, KM 52, KM 42, dan KM 33. TI/TIP yang akan ditutup adalah salah satu di antara ke-limanya.

Dalam mengantisipasi penutupan rest area, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar menyiapkan perbekalan makanan dan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang cukup sebelum memasuki jalan tol.

Apabila pengguna jalan ingin mencari informasi mengenai jalan tol, mereka dapat menghubungi call center Jasa Marga di 14080. Atau, via media sosial di Twitter @PTJASAMARGA untuk informasi lalu lintas dan @official_JSMR untuk informasi umum lainnya.

Kompas Video Saat melintasi ruas Tol Bangil-Rembang pengendara disuguhi pemandangan indah Gunung Arjuno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com