Kompas.com - 24/06/2017, 16:38 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SEMARANG, KompasProperti - Situasi lalu lintas ruas Tol Bawen-Salatiga terpantau lancar hingga sore ini. Pengelola memprediksi kepadatan kendaraan pada H+1 atau H+2 Lebaran.

Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng (TMJ) Ali Zainal Abidin mengatakan, sejak pagi hingga pukul 16.00 WIB, situasi ruas tol sangat cair.
 
"Situasi di sini aman terkendali sejak H-7 Lebaran," ujarnya kepada KompasProperti, Sabtu (24/6/2017) sore.
 
Ia menuturkan, meskipun ruas tol itu menjadi jalur alternatif menuju Salatiga, Solo, atau Yogyakarta, akan tetapi hingga saat ini belum ada kepadatan kendaraan.
 
"Kemarin (Jumat) sempat mencapai 104.000 kendaraan yang melintas, tetapi antrean di gardu tol cepat terurai," kata Ali.
 
Ali menuturkan, kepadatan kendaraan kemungkinan baru akan terjadi pada H+1 atau H+2 Lebaran nanti.
 
"Sejauh ini, memang pelat nomor kendaraan yang mendominasi berasal dari Jakarta (pelat B)," imbuh Zainal.
 
PT Trans Marga Jateng selaku pengelola ruas tol Bawen-Salatiga menyiapkan 8 gardu tol di Bawen dan juga 8 gardu tol di Salatiga.
 
Ali menyarankan, pemudik yang ingin beristirahat dapat menggunakan sejumlah rest area yang tersedia di ruas tol itu, yaitu di kilometer 22 dan 49 untuk arah Salatiga serta di kilometer 37,6 untuk arah Semarang.
 
Adapun jalan tol Bawen-Salatiga memiliki panjang 17,6 kilometer dan resmi dibuka untuk umum pada Minggu (18/6/2017) lalu.
Kompas Video Ruas Tol Bawen-Salatiga yang termasuk bagian dari Jalan tol Semarang-Solo akan digunakan saat mudik Lebaran 2017.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.