Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Jalan Rusak Saat Mudik? Segera Laporkan!

Kompas.com - 24/06/2017, 15:00 WIB
Haris Prahara

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka layanan pengaduan jalanan rusak bagi pemudik.

Drektur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, pemudik dapat melapor melalui Aplikasi Jalan Kita yang dapat diunduh di Appstore dan Playstore. 

"Selain itu, pengguna jalan yang menemukan kondisi jalan atau jembatan rusak juga dapat melapor kepada call center Bina Marga pada nomor 081283835757," ujar Arie dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Sabtu (24/6/217).

Menurut Arie, Tim Siaga Sapta Taruna Ditjen Bina Marga saat ini sedang melakukan pengecekan ulang kondisi jalan dan jembatan di seluruh jalan nasional, termasuk jalur mudik.
 
"Itu (dilakukan) untuk kenyamanan dan keamanan saat arus balik nanti," katanya.
 
Sementara itu, Wakapolri Komjen Syafrudin menilai arus mudik Lebaran 2017 lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.
 
Menurut dia, tidak terjadi kemacetan parah pada puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada Kamis (22/6/2017) malam hingga Jumat (23/6/2017) dini hari.

"Secara umum saya mau menyampaikan mudik tahun ini jauh lebih baik. Saya mendapat laporan terakhir pukul 04.00 WIB subuh tadi, puncak arus mudik itu sudah antiklimaks," ujar Syafrudin, usai memantau arus mudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2017) siang.

Kompas Video Ruas Tol Bawen-Salatiga yang termasuk bagian dari Jalan tol Semarang-Solo akan digunakan saat mudik Lebaran 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com