Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Diimbau Gunakan "Rest Area" Maksimal 1 Jam

Kompas.com - 21/06/2017, 07:57 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pengemudi yang merasa lelah dan membutuhkan istirahat bisa menggunakan rest area atau tempat istirahat (TI).

Di Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali, terdapat 8 TI yang bisa disinggahi pengemudi khususnya para pemudik Lebaran 2017.

Namun, Direktur Operasional PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Rinaldi mengimbau pengunjung untuk bergantian menggunakan TI.

"Kami mengimbau setelah masuk (TI), pengguna jalan jangan berlama-lama apalagi sampai tidur di dalam. Kalau semuanya seperti itu, berapa pun kapasitas rest area enggak akan cukup," ujar Rinaldi saat jumpa pers di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Ia berharap adanya kesadaran dari para pengguna jalan yang beristirahat di TI. Menurut Rinaldi, waktu yang disarankan untuk pengunjung beristirahat di TI adalah 1 jam.

Adapun di TI yang sudah ada, LMS menambah sejumlah toilet sementara, kios makanan, dan penambahan tempat parkir kendaraan, untuk mengakomodasi kebutuhan pemudik.

Tidak hanya itu, penambahan fasilitas juga dilakukan meliputi penyediaan bahan bakar minyak (BBM) dalam kemasan berukuran 5-10 liter dari Pertamina untuk menghindari adanya kendaraan yang mogok lantaran kehabisan BBM.

Saat ini, di Cipali terdapat 8 TI yakni KM 86A, KM 102, KM 130A, KM 166, KM 86B, KM 101, KM 130B, dan KM 164.

Sedangkan untuk Parking Bay baru, ada di beberapa lokasi yaitu bekas Gerbang Tol Cikopo KM 78A arah Cirebon dan KM 78B arah Jakarta, serta KM 153+400 A arah Cirebon dan KM 155+200B arah Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com