Kompas.com - 16/06/2017, 22:56 WIB
|
EditorHilda B Alexander

BANDARLAMPUNG, KompasProperti - Selain bertugas menjaga arus mudik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Tim Basarnas juga mendapat mandat untuk mengawal arus pengendara di pintu masuk Tol Trans-Sumatera.

Kepala Basarnas Lampung Marsono mengatakan permintaan menjaga tol baru masuk pada rapat gabungan Jumat siang (17/6/2017).

Pengelola tol meminta pengamanan antisipasi kecelakaan jalan raya pada tol Paket 2 yakni Lematang-Kampus Itera Bandarlampung.

"Kemarin juga ada kunjungan tim dari Komisi V DPR-RI, kami SAR harus menjaga situasi tol fungsional karena belum ada rambu yang lengkap, jadi tim rescue gabungan yang ada di Lampung ini harus menjaga keselamatan para pemudik," kata Marsono.

Pengamanan tol akan berlangsung dari tanggal 19 Juni sampai 2 Juli 2017 pada pukul 08.00 pagi sampai 17.00 wib jika kondisi arus pengendara normal.

Tim gabungan yang terlibat di dalamnya adalah Dinas Perhubungan, Dirtlantas Kepolisian, kesehatan, Basarnas, PMI dan lainnya.

Sementara itu Pimpinan Proyek Tol Trans-Sumatera di Lampung Slamet Sudjrajat mengatakan secara fisik konstruksi jalur Lematang-Kotabaru sepanjang 14 kilometer siap untuk difungsikan.

"Namun tetap harus dikoordinasikan dengan Ditlantas karena fungsional jalur tersebut harus sejalan dengan rekayasa lalu lintas mudik atau balik yang telah dirancang oleh Ditlantas Polda Lampung," kata dia.

Slamet mengaku baru akan konfirmasi kepada Ditlantas pada Senin atau Selasa mendatang terkait fungsionalisasi jalan Lematang-Kotabaru.

Secara umum, Ditlantas telah mempresentasikan di hadapan Komisi V DPR-RI tentang kesiapan fungsional jalan 1,5 kilometer di Bakauheni Lampung Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.