Gerbang Tol Salatiga Dilengkapi 4 Gardu Transaksi Elektronik - Kompas.com

Gerbang Tol Salatiga Dilengkapi 4 Gardu Transaksi Elektronik

Kompas.com - 09/06/2017, 07:00 WIB
Kompas.com/ Syahrul Munir Gerbang tol Salatiga di ujung ruas tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan awan menutupi Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Senin (5/6/2017) siang.

SALATIGA, KompasProperti - PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Tol Semarang-Solo memperkirakan ruas Tol Semarang-Salatiga pada saat puncak arus mudik Lebarang 2017 akan dilintasi 130.000 kendaraan.

Menurut Direktur Teknik dan Operasi PT TMJ Ali Zainal Abidin, angka ini naik dari puncak arus mudik Lebaran tahun lalu yang mencapai angka 120.000 kendaraan.

Berkaca pada Lebaran tahun 2016, maka puncak arus mudik justru terjadi pada H+1 dan H+2. Kondisi ini terjadi karena jalur Semarang-Solo bercampur antara kendaraan pemudik dengan kendaraan lokal yang menuju tempat-tempat wisata.

Baca: Fungsionalisasi Bawen-Salatiga pada Malam Hari Masih Dikaji

"Dulu puncak sebetulnya malah H+1 dan H+2. Arus baliknya itu dulu hanya 86.000-an dan prakiraan kita tahun ini hanya naik 30 persen," kata Ali, Kamis (8/6/2017).

TMJ telah menyiapkan 8 gardu pembayaran, dengan rincian 4 gardu pembayaran tunai dan 4 gardu pembayaran lainnya menggunakan kartu elektronik atau e-toll card.

Guna mengantisipasi antrean panjang di Gerbang Tol (GT) Salatiga, Ali menyarankan para pemudik menggunakan e-toll card agar transaksi berlangsung cepat.

"Supaya lebih cepat transaksi, gunakan e-toll card. Kami juga pada saat mudik dan balik Lebaran akan menambah tenaga, supaya bisa mempermudah transaksi-transaksi di gardu," imbuhnya.

Ali berharap, dengan koordinasi lintas sektoral yang sudah terjalin maka GT Salatiga dapat berfungsi untuk kedua arah. Baik untuk kendaraan yang keluar maupun yang masuk ke Tol Bawen-Salatiga.

"Kita lihat situasi, kalau memang harus dibuka semuanya ya kita buka," tuntasnya.

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X