Agar KPR Anda Disetujui, Simak Tips Ini

Kompas.com - 20/04/2017, 15:30 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Kredit Pemilikan Rumah (KPR) masih menjadi andalan dan favorit masyarakat sebagai fasilitas utama dalam melakukan transaksi pembelian rumah.

Data Bank Indonesia (BI) kuartal IV-2016 menyebut konsumen yang menggunakan KPR sebesar 77,22 persen, sementara yang memilih skema pembayaran tunai bertahap sebesar 15,91 persen.

Hal ini mendorong pertumbuhan total KPR tercatat sebesar Rp 362,84 triliun atau naik 1,90 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Baca: Selama 7 Tahun Pemerintah Kucurkan KPR Rp 28,21 Triliun

Ada pun syarat pengajuan KPR yang harus dipenuhi pemohon adalah mengisi formulir aplikasi selengkap mungkin, fotokopi KTP pemohon serta pasangan suami/istri (jika sudah berkeluarga), fotokopi Surat Nikah/Cerai (bagi yang telah menikah/bercerai), dan fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Kemudian fotokopi rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir, fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan slip gaji asli untuk gaji terakhir/surat keterangan penghasilan.

Hal lainnya yang kemudian bakal dipertimbangkan oleh perbankan adalah usia konsumen atau pemohon KPR. Usia sangat mengaruhi tenor kredit pemberian perbankan.

Untuk pemohon KPR berusia di bawah 40 tahun biasanya mendapat fasilitas tenor kredit hingga 15 tahun.

Sedangkan bagi pemohon berusia di atas 40 tahun, tenor kredit akan disesuaikan dengan usia produktif mereka, maksimal seperti yang telah disebutkan.

Dari segi pekerjaan, perbankan juga akan memerhatikannya. Pemohon diwajibkan untuk memiliki pekerjaan tetap baik sebagai pegawai atau wiraswasta atau profesional.

Masa kerja minimal 1 tahun bagi pegawai atau karyawan dan telah melewati masa percobaan dan 2 tahun bagi profesional.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X