Sutiyoso: Program DP 0 Rupiah Tidak Mendidik

Kompas.com - 20/04/2017, 10:03 WIB
Mantan Kepala Badan Intelejen Negara Sutiyoso diangkat menjadi Komisaris Utama Semen Indonesia. Fabian Januarius KuwadoMantan Kepala Badan Intelejen Negara Sutiyoso diangkat menjadi Komisaris Utama Semen Indonesia.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007 Sutiyoso menyatakan ketidaksetujuannya dengan program uang muka atau down payment (DP) 0 Rupiah yang dicanangkan oleh pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Menurut dia, jika program tersebut tetap dilaksanakan, masyarakat DKI Jakarta tidak terdidik dengan baik.

"Gratis-gratis itu saya nggak setuju, nggak mendidik. Justru yang penting itu membuatnya terjangkau," kata Sutiyoso dalam wawancara dengan TVOne, Rabu (19/4/2017) malam.

Baca: Anies-Sandi Diminta Tunaikan Janji Sediakan Rumah Murah Layak Huni

Lebih lanjut mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut mengatakan, rumah murah merupakan satu hal yang mungkin, tetapi tidak dengan rumah gratis.

Sebab, yang namanya pemimpin, kata Sutiyoso, harus luwes dalam membuat kebijakan bagi warganya.

"Kalau rakyat nggak bisa bayar ya digratiskan, tapi kalau ada kerjaan dan mampu membayar ya bayar sewa," tambahnya.

Baca: Netizen Tagih Janji Anies-Sandi Realisasikan DP 0 Persen

Pembayaran sewa murah itu dinilai Sutiyoso sebagai bentuk tanggung jawab yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan juga sebagai bentuk pendidikan bagi warga DKI Jakarta.

"Selain itu, saya juga tidak setuju dengan pengembangan rumah horisontal (landed), melainkan harus vertikal karena tanah di Jakarta ini nggak bertambah, tapi penduduknya bertambah terus," pungkas Sutiyoso.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X