Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Swedia yang Mampu Buat Korea Utara Terbuka

Kompas.com - 24/02/2017, 17:08 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

STOCKHOLM, KompasProperti - Kendati menjadi salah negara paling rahasia di dunia, Korea Utara (Korut) nyatanya membuka pintu untuk sebuah sekolah arsitektur di Stockholm, Swedia.

Di dalam banyak aspek, Swedia dan Korut jelas memiliki perbedaan mencolok. Pada satu sisi, negara Nordic tersebut dipimpin oleh perdana menteri yang dipilih secara demokratis.

Selain itu, Ibu Kota Swedia tersebut telah menjadi salah kota di Eropa dengan pertumbuhan paling cepat.

Swedia sendiri ditetapkan sebagai satu dari 10 Negara Paling Bahagia di dunia menurut National Geographic.

Sebaliknya Korut, justru diperintah oleh pemimpin diktator dan menjaga perbatasannya serta kondisi dalam negerinya secara rahasia dari seluruh mata dunia.

Kondisi ini memaksa PBB membentuk komisi khusus guna menginvestigasi adanya potensi kekerasan HAM di sana.

Namun, di balik itu semua, kedua negara yang sangat berbeda satu sama lain menemukan ketertarikan guna membuat persamaan, yakni arsitektur.

Beberapa waktu lalu, Duta Besar Korut untuk Swedia Kang Yong Dok meminta sebuah pertemuan dengan sekolah arsitektur terbesar di Swedia KTH Royal Institute Technology.

Rakyat Korut pertama kali diperkenalkan dengan KTH melalui arsitek Swedia yang membantu merancang pembangunan lift ski di dekat Pyongyang, Ibu Kota Korut.

Kemudian terdapat sebuah telepon langsung yang ditujukan ke Dekan Arsitektur di KTH Per Franson.

AFP PHOTO / ED JONES Warga melintasi sebuah jalan di pinggiran Kaesong, 30 November 2016.
"Saya sempat terkejut mendapatkan telepon dari Dubes Korea Utara. Namun tentu, selepas itu saya lebih bahagia lagi untuk mengundang dia ke kampus kami mendiskusikan banyak program kami," kata Franson.

Setelah tiba di kampus yang berlokasi di pusat kota Stockholm, Dok menggambarkan garis besar ketertarikan negaranya, semua kurikulum KTH dan stuktur kesamaan iklim di negara mereka.

"Saya menjelaskan bagaimana sekolah kami diatur, persyaratan masing-masing murid harus dipenuhi. Penekanan besar juga kami tempatkan pada keberlanjutan yang konsepnya kami masukkan masing-masing ke dalam mata pelajaran kami," tutur Franson.

Namun, Pemerintah Korut lebih dari sekadar tertarik dengan program studi yang ditawarkan oleh KTH.

"Mereka tahu bahwa populasi penduduk Stockholm cepat bertambah dan sebagai hasilnya saat ini kami kekurangan perumahan dalam jumlah besar," imbuh Franson.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com