Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Loemongga Haoemasan, Pesona Indonesia di Kancah Properti Asia Tenggara

Kompas.com - 25/11/2016, 14:53 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Tak ada yang berubah dari sosok satu ini. Masih cantik, menarik, cerdas, dan memesona seperti sewindu silam saat Kompas.com bersua kali pertama dengannya. 

Pesona itu kian kuat kala dia tampil sebagai panelis Forum Indonesia pada perhelatan skala regional South East Asia Property Awards 2016 di Singapura.

Baca: Asiana Group Wakili Indonesia di South East Asia Property Awards 2016

Para peserta forum yang hadir pada acara tersebut dengan tekun mendengarkan pandangannya mengenai sektor properti Indonesia terkini yang dikaitkan dengan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty).

Sebelum itu, beberapa di antara para peserta tersebut bahkan bertukar kartu nama, dan meminta berpose bersama.

Dia adalah Loemongga Haoemasan. Perempuan semampai dengan tinggi 170 sentimeter ini adalah perempuan pengembang satu-satunya yang mewakili Indonesia. 

Kelompok usaha yang dipimpinnya, Asiana Group merupakan pemenang Indonesia Property Awards 2016 untuk kategori "Best Boutique Developer" dan berhak berkompetisi di level Asia Tenggara untuk kategori serupa. 

Kendati kemudian belum beruntung menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, namun Loemongga tetap merasa bangga.

"Bangga bisa masuk grand final, dan bersaing dengan para pemenang dari South East Asia," ucap dia.

Berkelas

Persentuhannya dengan dunia properti yang kadung ditahbiskan sangat maskulin ini terjadi pada 2005, saat dia mengembangkan rumah bandar (town house) bertajuk Rumah Cira di Cipinang, Jakarta Timur, dan Rumah Bangka di Jakarta Selatan.

Dua proyek tersebut sukses dan tampil sebagai definisi baru rumah tinggal di Jakarta. Loemongga memang merancang kedua proyek tersebut dengan menonjolkan keunggulan pada desain, kualitas material bangunan, dan karakter Asiana yang mewah lagi elegan. 

Mita Binarti Pasandaran Loemongga Haoemasan
Prinsip seperti itu pula yang dihadirkannya saat mengembangkan apartemen mewah Nirvana Residence di Kemang, Senopati Suites di kawasan Senopati, serta kelak beberapa proyek teranyarnya seperti TBS di koridor Simatupang, Two Senopati di Senopati, dan Andara Living di Depok.

Baca: Asiana Group Bidik Rp 4 Triliun dari Tiga Proyek

"Properti itu bisa dirancang sangat artistik, estetik, tanpa meninggalkan unsur fungsi, dan kokohnya konstruksi. Hal ini merupakan prinsip kami dalam mengembangkan apa pun, baik rumah tapak dan apartemen mewah untuk kelas atas, maupun apartemen untuk kelas menengah-atas," tutur Loemongga pada malam sebelum pemberian penghargaan South East Asia Property Awards 2016.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com