Kompas.com - 15/11/2016, 20:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan perkotaan khususnya bantaran sungai identik dengan permukiman yang kumuh. Namun hal itu tidak terlihat di Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Justru kesan adem, nyaman, tertata dan indah akan dirasakan setiap orang yang datang di pemukiman dipinggir sungai Buntung ini.

Bahkan berkat kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dan sungai, kawasan Karangwaru mendapat sebutan "Kotaku" (Kota Tanpa Kumuh).

Pimpinan Kolektif Badan Keswadayaan Masyarakat Tridaya Waru Mandiri, Subandono menceritakan kawasan Karangwaru khususnya yang berada di pinggiran sungai Buntung dulunya permukiman kumuh.

"Sungai Buntung itu dulu paling kumuh di wilayah kelurahan Karangwaru ini. Banyak sampah, sebutannya dulu tempat sampah terpanjang," ucap Subandono saat ditemui Kompas.com, Selasa (15/11/2016).

Subandono mengungkapkan, pada tahun 2009 masyarakat sepakat membangun dan menata ulang kawasan pinggiran, sehingga sungai Buntung dan permukiman di sekitarnya bersih, rapi, sehat dan tertata.

"Awal kami menyosialisasikan ke masyarakat. Istilahnya memberikan kesadaran kepada masyarakat agar pola pikirnya berubah," ucapnya.

Sosialisasi menyadarkan masyarakat, lanjut Subandono, membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar satu tahun. Setelah paradigma warga terbangun lantas dilakukan penataan fisik.

"Awalnya tidak ada jalan, kami buatkan jalan. Warga merelakan sedikit tanahnya untuk akses jalan ini, jadi tidak ada istilah ganti-rugi lahan," tuturnya.

Selain jalan, di pinggir sungai juga dibuatkan ruang terbuka hijau (RTH), dan ruang publik untuk pertemuan. Lalu terdapat pula ruang sinau masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.