Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat "Kotaku", Tiga Menteri Terkesan dengan Karangwaru

Kompas.com - 15/11/2016, 20:00 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan perkotaan khususnya bantaran sungai identik dengan permukiman yang kumuh. Namun hal itu tidak terlihat di Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Justru kesan adem, nyaman, tertata dan indah akan dirasakan setiap orang yang datang di pemukiman dipinggir sungai Buntung ini.

Bahkan berkat kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dan sungai, kawasan Karangwaru mendapat sebutan "Kotaku" (Kota Tanpa Kumuh).

Pimpinan Kolektif Badan Keswadayaan Masyarakat Tridaya Waru Mandiri, Subandono menceritakan kawasan Karangwaru khususnya yang berada di pinggiran sungai Buntung dulunya permukiman kumuh.

"Sungai Buntung itu dulu paling kumuh di wilayah kelurahan Karangwaru ini. Banyak sampah, sebutannya dulu tempat sampah terpanjang," ucap Subandono saat ditemui Kompas.com, Selasa (15/11/2016).

Subandono mengungkapkan, pada tahun 2009 masyarakat sepakat membangun dan menata ulang kawasan pinggiran, sehingga sungai Buntung dan permukiman di sekitarnya bersih, rapi, sehat dan tertata.

"Awal kami menyosialisasikan ke masyarakat. Istilahnya memberikan kesadaran kepada masyarakat agar pola pikirnya berubah," ucapnya.

Sosialisasi menyadarkan masyarakat, lanjut Subandono, membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar satu tahun. Setelah paradigma warga terbangun lantas dilakukan penataan fisik.

"Awalnya tidak ada jalan, kami buatkan jalan. Warga merelakan sedikit tanahnya untuk akses jalan ini, jadi tidak ada istilah ganti-rugi lahan," tuturnya.

Selain jalan, di pinggir sungai juga dibuatkan ruang terbuka hijau (RTH), dan ruang publik untuk pertemuan. Lalu terdapat pula ruang sinau masyarakat.

"Di titik nol Karangwaru kami bangun ruang pertemuan warga atau kegiatan warga," tandasnya.

Saat musim hujan dan air sungai meluap ada 70 kepala keluarga (KK) yang rumahnya terendam banjir. Namun setelah talud diperbaiki dan sungai dibersihkan, saat ini sudah tidak ada lagi rumah warga yang jadi korban banjir.

"Rumah warga yang tidak layak juga kami bedah dan perbaiki. Total sampai saat ini sudah ada 100 rumah," tandasnya.

Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma Bantul, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Faried Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo saat melihat indahnya kawasan Karangwaru dipinggiran sungai Buntung dari atas jembatan
Pembangunan dan penataan permukiman pinggir sungai Buntung tepatnya di Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta tidak lepas dari andil Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Namun demikian, masyarakat juga tidak lantas berpangku tangan dengan bantuan pemerintah, tetapi juga turut mendonasikan pemikiran, tenaga, dan dana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com