Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Pembeli Apartemen Mewah Tommy Soeharto?

Kompas.com - 12/09/2016, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi orang-orang kaya Indonesia dengan jumlah aset lebih dari 10 juta dollar AS, membelanjakan Rp 19 miliar untuk satu unit apartemen terkecil ibarat "membuang uang".

"Tinggal merem, bayar kontan, apartemen di tangan," ujar Direktur Savills PCI, Rosaline Stella Lie, kepada Kompas.com, Jumat (9/9/2016).

Rosaline yang merupakan pemasar resmi apartemen mewah Tower A atau Regent Residence di Mangkuluhur City berkisah tentang konsumennya.

Menurut dia, para konsumen proyek milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto dan Harry Gunawan ini adalah mereka yang masuk kategori pebisnis papan atas, superkaya, dan ultra high net worth individual (UHNWI).

Sebelum membeli apartemen Regent Residence, kata Rosaline, mereka adalah pembeli apartemen mewah lainnya, seperti Langham Residence di kawasan Central Business District (CBD) Sudirman, Keraton at The Plaza di kawasan Thamrin, atau Raffles Residence di kawasan Satrio.

"Semacam kolektor. Ceruk pasar apartemen mewah memang terbatas karena apartemennya juga eksklusif. Untuk Regent Residence hanya empat unit dalam satu lantai," imbuh Rosaline.

Unit terkecil seluas 250 meter persegi dibanderol Rp 19 miliar atau Rp 76 juta per meter persegi. Sedangkan unit terluas 1.000 meter persegi dipatok Rp 76 miliar.

Meski belum dilansir secara resmi, Apartemen Tower A sudah terserap 40 persen. Tiga di antaranya merupakan unit terluas. 

Para konsumen tersebut membayar unit-unit pilihannya ini dengan cara kontan alias cash keras. Mereka tak mau dibuat ribet dengan membeli melalui fasilitas kredit pemilikan apartemen (KPA).

"Bukan tunai bertahap lagi, tapi tunai keras. Langsung tanda tangan dan salaman," kata Rosaline mendeskripsikan perilaku konsumsi kliennya.

Mangkuluhur City merupakan proyek kolaborasi antara Tommy dan Harry (KG Global Development).

Menempati area seluas 4 hektar di kawasan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, proyek ini dikerjasamakan dengan skema profit sharing

Di dalamnya mencakup hotel existing Crown Plaza sebanyak 357 kamar, Office Tower One, Hotel Regent, Apartemen Tower A (Regent Residence), Apartemen Tower B (Fraser Resience), dan Office Tower Two.

Keseluruhan proyek Mangkuluhur City ditaksir senilai 1 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 13,07 triliun.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com