Kompas.com - 30/06/2016, 00:19 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Sebuah wilayah tertekan di provinsi berkontur pegunungan di Filipina kini memasuki tahap akhir proyek instalasi mural warna-warni yang disamakan dengan 'favelas' terkenal di Rio de Janeiro, Brasil.

Proyek tersebut tepatnya berada di pegunungan La Trinidad, Benguet, sebuah provinsi di Pulau Luzon, Filipina Utara. Tiga komunitas lereng bukit di La Trinidad sekarang dibanjiri dengan warna-warni cemerlang dan mural yang tersebar di 170 rumah.

Bersama dengan rancangan dari Tam-awan Village Artists dan disponsori oleh merk cat kenamaan, proyek ini berjalan sesuai rencana dan akan selesai pada akhir Juni 2016 ini.

Penampakan La Trinidad sebelum diwarnai oleh penduduk dan relawan.

Selama beberapa minggu hingga sekarang, penduduk lokal dengan dibantu relawan dari sekitar Kota Baguio telah mewarnai fasad rumah mereka dan kini semuanya terlihat seperti bunga raksasa dari jalanan di bawahnya.

Adapun tiga komunitas yang membentuk kehidupan di pegunungan tersebut adalah Stonehill, Sadjao, dan Botiwtiw.

Direktur Departemen Pariwisata regional Cordillera, Marie Venus Quinto-Tan mengatakan, proyek ini merupakan inisiatif untuk "mempercantik" kota dan meningkatkan pariwisata.

Selain itu juga mempromosikan La Trinidad sebagai kota yang aman, bersih, dan nyaman untuk ditinggali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.