Sistem Integrasi Pembayaran Tol Jakarta-Kanci Resmi Dioperasikan - Kompas.com

Sistem Integrasi Pembayaran Tol Jakarta-Kanci Resmi Dioperasikan

Kompas.com - 13/06/2016, 10:56 WIB
Gerbang Tol Palimanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba integrasi sistem pembayaran jalan tol nasional resmi dilakukan pada Senin (13/6/2016) pagi.

Upaya itu dilakukan untuk mengurangi kemacetan di jalan tol yang sering terjadi karena adanya batas antar-tol atau barrier.

Pada uji coba itu dibentuk dua klaster pembayaran jalan tol sebagai proyek percontohan. Masing-masing klaster berisi sejumlah ruas yang sistem pembayarannya digabungkan.

Klaster pertama adalah ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang dikelola PT Jasa Marga (persero) Tbk dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan yang dikelola PT Lintas Marga Sedaya (LMS).

Dengan integrasi tersebut, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan Tol Cikopo-Palimanan bergabung. Artinya, tidak akan ada lagi transaksi di gerbang barrier Cikopo.

Nantinya di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek-Cikopo-Palimanan-Kanci hanya akan ada gerbang tol Cikarang Utama, Palimanan, dan gerbang tol tujuan.

"PT LMS semula punya 11 gardu dan sekarang menjadi 26 gardu yang akan memungkinkan kita untuk melayani sampai 21 gardu ke arah timur saat arus mudik dan 5 gardu ke arah barat dan sebaliknya saat arus balik," kata Direktur Utama LMS Muhammad Fadzil Abdul Hamid, di lokasi integrasi, Senin (13/6/2016)

Oleh karena itu, orang yang masuk di pintu Tol Cikarang hanya akan membayar di mana pun tujuannya. Kalau tujuannya ke Palimanan, maka nantinya tidak perlu membayar di Cikopo, melainkan cukup bayar langsung di Palimanan.

Sementara itu klaster kedua merupakan gabungan Jalan Tol Palimanan-Kanci, Tol Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Pemalang yang saat ini sudah tersambung hingga Brebes Timur.

"Di claster dua di Palikanci kami akan menambah gardu yang semula tidak aktif menjadi aktif karena semula sistem terbuka menjadi tertutup," sebut Direktur Operasi Jasa Marga Christantio, dalam kesempatan yang sama.

Selain Ruas Tol Jakarta-Kanci, integrasi pembayaran juga akan dilakukan di ruas Kanci-Pejagan-Pemalang.

Waskita Toll Road selaku pengelola ruas tol itu menyatakan kesiapannya melakukan intergrasi karena dari awal sudah membangun gardu tol di setiap gate pintu keluar.

Pada uji coba kali ini terdapat empat pihak perbankan yang akan melayani integrasi pembayaran tol di klaster satu dan dua. Mereka adalah Bank BNI, BRI, Mandiri, dan BCA.


EditorHilda B Alexander

Close Ads X