Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT PP Resmi Garap Tol Manado-Bitung, Balikpapan-Samarinda, dan Pandaan-Malang

Kompas.com - 10/06/2016, 09:33 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk berhasil memenangkan tender tiga proyek investasi jalan tol.

Dalam proyek investasi jangka panjang tersebut, perseroan akan melakukan penyertaan modal dan membentuk konsorsium dengan beberapa BUMN.

“Penandatanganan kerja sama ini telah dilaksanakan di Istana Presiden yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Direktur Utama PTPP, Tumiyana, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis malam (9/6/2016).

Konsorsium BUMN tersebut telah melakukan penandatangan akta pembentukan perusahaan patungan atau Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mengelola tiga ruas tol, pada Senin (6/6/2016).

Adapun ketiga proyek yang dimaksud yaitu Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp 9,45 miliar.

Proyek ini akan dikerjakan oleh Konsorsium PT Jasa Marga Tbk (Persero) Tbk, PTPP, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Konsorsium ini bernama PT Jasamarga Manado Bitung.

Selanjutnya, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp 16,8 miliar.

Proyek ini akan dikerjakan oleh Jasa Marga, PTPP, Wijaya Karya, dan PT Bangun Tjipta Sarana dengan nama Konsorsium PT Jasamarga Balikpapan.

Terakhir, PT PP juga menggarap Jalan Tol Pandaan-Malang 38 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp 25,2 miliar.

Proyek ini akan dikerjakan bersama Jasa Marga, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dengan nama PT Jasamarga Pandaan Malang.

Tak hanya jalan tol, Tumiyana mengungkapkan, PTPP juga turut berpartisipasi dalam program kelistrikan pertama 35 ribu megawatt (MW) yang dicanangkan pemerintah.

Pada 1-3 Juni lalu, perseroan bersama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melakukan sejumlah kegiatan pencanangan perdana di Provinsi Gorontalo.

Pencanangan ini meliputi proyek Bangka Mobile Power Plant 50 MW, Pontianak Mobile Power Plant 100 MW serta peresmian PLTG Gorontalo 100 MW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com