Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kalahkan Pasar Ritel Singapura

Kompas.com - 08/06/2016, 12:49 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia mengalahkan Singapura dan berada di posisi kelima dunia dalam Global Retail Development Index (GRDI) 2016 versi AT Kearney.

Secara keseluruhan, Asia menjadi pemenang regional. Empat dari lima negara teratas datang dari Asia dengan rincian China (1), India (2), Malaysia (3), dan Indonesia (5).

Keberadaan empat negara di posisi teratas itu disebabkan kombinasi antara populasi yang besar dengan tingginya pertumbuhan ritel.

Resmi diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang menciptakan pasar sebesar 2,6 triliun dollar Amerika Serikat (AS) dengan populasi mencapai lebih dari 622 juta jiwa merupakan batu loncatan penting dalam pertumbuhan pasar ritel Asia meskipun implementasinya memerlukan proses yang panjang.

Selain itu, adanya Kemitraan Trans Pasifik atau Trans-Pacific Partnership (TPP) diyakini mampu meningkatkan PDB beberapa negara di Asia termasuk Vietnam (11) dan Malaysia.

Sektor e-commerce yang terus tumbuh di Asia juga menjadi faktor tingginya posisi negara-negara di Asia dalam GDRI 2016. Pertumbuhannya meningkat 35,7 persen pada 2015 hingga mencapai 878 miliar dollar AS.

Asia tak hanya menjadi pasar terbesar e-commerce, tetapi juga memegang saham mayoritas dalam penjualan online global dengan 52,5 persen.

Yang mencengangkan, Singapura tidak berhasil masuk ke dalam 30 besar negara dengan pasar ritel paling bertumbuh di dunia.

Padahal, PDB Singapura didominasi oleh pasar ritelnya yang menjadi destinasi favorit banyak orang.

Orchard Road yang merupakan sabuk belanja Singapura kini tak lagi menjadi destinasi belanja turis-turis dari China, Malaysia, Vietnam, dan bahkan Indonesia.

Baca: Sepi Pengunjung, Orchard Road Bukan Lagi Surga Belanja

Selain karena melemahnya ekonomi, sepinya pusat perbelanjaan, dan komersial di Singapura juga disebabkan minimnya minat belanja turis-turis yang datang ke negara kota ini.

Tujuan investasi

Indonesia dengan Jakarta-nya muncul sebagai tujuan investasi banyak pengusaha global.

Raksasa-raksasa properti macam Hongkong Land, AEON Group, Toyota Group, dan Crown Group telah lama memosisikan Indonesia dalam radar investasi mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com