Hak Konsesi Jasa Marga Naik 24 Persen, Tembus 1.224 Kilometer

Kompas.com - 07/06/2016, 17:30 WIB
Ilustrasi jalan tol. ShutterstockIlustrasi jalan tol.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah memenangkan 4 (empat) tender proyek jalan tol baru yaitu Jalan Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer, Jalan Tol Pandaan-Malang (37,62 kilometer), Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (99,35 kilometer) dan Jalan Tol Manado-Bitung (39,9 kilometer).

Dengan dimenangkannya tender 251,87 kilometer jalan tol baru tersebut menjadikan hak konsesi Jasa Marga naik 24 persen menjadi 1.224 kilometer.

Menurut AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Diwmawan Heru, sebelumnya Jasa Marga memiliki hak konsesi sepanjang 987 kilometer sampai akhir 2015.

Empat proyek jalan tol baru tersebut memiliki total biaya investasi sebesar Rp 32,1 triliun. Masing-masing dibagi atas Jalan Tol Batang-Semarang senilai Rp 11,04 triliun, Jalan Tol Pandaan-Malang senilai Rp 5,97 triliun, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda senilai Rp 9,97 triliun dan Jalan Tol Manado-Bitung Rp 5,12 triliun.

"Biaya investasi tersebut termasuk dalam 17 Proyek Jalan Tol Jasa Marga yang mencapai Rp 74,42 triliun,"kata Heru di Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Untuk Ruas Tol Batang-Semarang, Konsorsium Jasa Marga dengan Waskita Toll Road telah mendirikan anak perusahaan baru yaitu PT Jasamarga Semarang Batang dengan komposisi kepemilikan Jasa Marga 60 persen dan Waskita Toll Road 40 persen.

Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Batang-Semarang tersebut telah ditandatangani pada tanggal 27 April 2016.

Sementara itu untuk PPJT Pandaan-Malang, Balikpapan-Samarinda dan Manado-Bitung masih dalam proses persiapan penandatanganan dengan tetap mempertahankan Jasa Marga sebagai pemegang saham mayoritas.

Dengan ekspansi yang saat ini terus dilakukan, Jasa Marga menargetkan kepemilikan aset pada tahun 2019 mencapai Rp 100 triliun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X