Okupansi Hanya 58 Persen, Hotel di Koridor Timur Jakarta "Oversupply"

Kompas.com - 06/06/2016, 11:08 WIB
ILUSTRASI - Kamar hotel ShutterstockILUSTRASI - Kamar hotel
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Koridor timur Jakarta, yakni Bekasi, Karawang, dan Purwakarta, telah lama menjadi kawasan eskpansi para pengembang untuk membangun hotel.

Sebanyak 27 hotel dengan 4.168 kamar tercatat memenuhi kawasan ini dalam kurun waktu 2007-2015. Karena tersedia cukup banyak, okupansinya tidak terlalu tinggi yaitu 58 persen saja.

Director of Economics and Planning Design+Planning PT Aecom Indonesia, Utami Prastiana, mengatakan pasokan 2015 cukup tinggi dan sudah memasuki masa kelebihan pasokan atau over supply.

"Saya sarankan kepada pengembang atau investor untuk tidak membangun dulu hotel baru sampai tingkat okupansinya di atas 65 persen," kata Utami di kantornya di Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Ia menuturkan, bisnis hotel baru dikatakan baik jika okupansinya berada di atas 70 persen. Di Indonesia sendiri, rata-rata okupansi hotel memang sekitar 60 persen.

Namun, ada beberapa hotel yang bisa mencapai tingkat hunian sekitar 70-80 persen. Jika dilihat dari pengelolaannya, semakin ternama merek operator maka akan semakin baik okupansinya.

Dibanding operator yang kecil atau hotel yang dikelola sendiri, operator seperti Aston dan Accor lebih tinggi peluangnya dalam menarik penyewa kamar.

Sementara dengan rendahnya okupansi di koridor timur Jakarta, kata Utami, untuk menaikkan harga sewa hotel masih sulit.

Di kawasan ini, rata-rata harga sewa kamar hotel per malam adalah Rp 383.000.

Kendati dikatakan saat ini pasokan hotel di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta berlebih, menurut Utami, bisnis ini masih memiliki potensi.

"Hotel merupakan salah satu yang berpotensi karena ini daerah bisnis, maka akan perlu banyak hotel," sebut Utami.

Dalam kurun waktu 2015-2017, setidaknya pasokan hotel di kawasan ini masih tumbuh sebanyak 15,1 persen.

Hal ini ditandai dengan adanya 5 proyek hotel baru dan satu hotel ekstensi, antara lain Hotel Enzo, Chadstone, dan Ibis/Mercure Hotel.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X