Masjid di Kementerian ATR/BPN Tak Berkubah

Kompas.com - 05/06/2016, 11:45 WIB
Masjid Nuurur Rahmaan di kompleks Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Jakarta. Masjid Nuurur Rahmaan di kompleks Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Jakarta.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesan pertama saat melihat Masjid Nuurur Rahmaan di kompleks Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) adalah warnanya yang cerah tapi juga lembut.

Masjid ini baru diresmikan Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan pada Jumat (3/6/2016), atau Jumat terakhir sebelum memasuki bulan puasa.

Sebelum pembukaan, Ferry sempat berbisik kepada Kompas.com, tentang penampilan masjid tersebut.

"Masjidnya warna-warni, ya?" ujar Ferry sambil melangkah menuju pintu utama masjid untuk melakukan prosesi peresmian.

Memang betul, di bagian eksteriornya, ada sejumlah warna yang diterapkan mulai dari hijau, kuning gading, dan merah bata.

Sebagian besar masjid diselimuti perpaduan kuning gading dan merah bata, sementara warna hijau menandai tempat mimbar di dalamnya atau sebagai arah kiblat.

Menteri Agaria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan meresmikan Masjid Nuurur Rahmaan di kompleks perkantoran ATR/BPN, Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Namun, tidak sampai di sana hal menariknya. Bangunan seluas 500 meter persegi ini memiliki fitur unik yaitu passive design sehingga ramah lingkungan.

Kolom pembentuk mimbar di bagian eksteriornya, terdiri dari 10 kolom yang masing-masing di kiri dan kanan berjumlah lima tiang.

Menurut Ferry, hal ini menunjukkan waktu shalat wajib bagi umat muslim dalam satu hari yaitu 5 waktu, Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Selain memiliki arti tersebut, kolom ini dibangun berjejer dan memudahkan aliran udara masuk dan keluar masjid.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X