Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Kuartal II 2016, Pengembang Pede Lansir Apartemen Baru

Kompas.com - 11/05/2016, 20:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemunculan apartemen terbaru garapan Synthesis Development yang bernama Samara Suites pada bulan Mei ini menjadi pertanda kembali ramainya pasar apartemen Jakarta, khususnya di Jakarta Selatan.

Samara Suites merupakan bagian dari Synthesis Square yang merupakan proyek superblok 3 menara di Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Ketiganya meliputi menara perkantoran, perkantoran butik, dan apartemen bisnis.

Berdasarkan data Colliers International, pasar apartemen di Jakarta pada kuartal I 2016 cenderung sepi dengan hanya tiga proyek baru yang diperkenalkan.

Para pengembang, lebih fokus menjual unit-unit yang tak terjual pada periode sebelumnya daripada meluncurkan produk baru.

Awal kuartal dua ini dinilai menjadi saat yang tepat untuk meluncurkan produk apartemen baru bagi Synthesis Development karena dipengaruhi berbagai macam faktor.

"Kondisi perekonomian makin membaik, nilai tukar rupiah stabil, penurunan suku bunga, dan belanja sektor infrastruktur yang cukup besar akan menstimulasi sektor properti," ungkap Managing Director Synthesis Square, Julius Warouw, kepada Kompas.com, Rabu (11/5/2016).

Keberadaan Samara Suites yang ditujukan untuk dimiliki dan ditempati sendiri oleh pemiliknya membuat apartemen strata title bertambah di Jakarta.

Hingga kuartal I 2016 kemarin, terdapat 162.920 unit apartemen strata. Jumlah itu menyumbang paling besar suplai apartemen di Jakarta dengan angka 94,9 persen.

Tambahan 300 unit Samara Suites dari Synthesis Development akan menambah keberadaan apartemen strata 163.220 unit.

Colliers memprediksi akan ada hampir 75.083 unit apartemen yang akan memasuki pasar Jakarta sepanjang periode 2016 hingga 2018.

Sementara dari segi harga, apartemen di Jakarta Selatan terus menunjukkan grafik meningkat sejak kuartal I 2013 hingga kuartal I 2016.

Pada kuartal I 2013, harga apartemen di Jakarta Selatan dibanderol Rp 20 juta per meter persegi. Angka tersebut terus naik signifikan hingga mencapai sekitar Rp 28 juta per meter persegi.

Julius menjelaskan, terdapat tiga tipe Samara Suite yakni 1 bedroom ukuran 42 meter persegi, 2 bedroom seluas 65 meter persegi dan 81 meter persegi, dan 3 bedroom berukuran 104 meter persegi.

Jika dihitung sesuai dengan harga apartemen per meter perseginya pada kuartal I 2016, maka tipe 1 bedroom Samara Suites dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,176 miliar.

Kemudian tipe 2 bedroom dihargai dari Rp 1,82 miliar sampai Rp 2,27 miliar dan untuk tipe 3 bedroom dijual seharga kurang lebih Rp 2,91 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com