Rumah Kontemplatif "Life House" Diciptakan dari Bata Gelap

Kompas.com - 25/04/2016, 17:00 WIB
Life House Life House
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Desainer London John Pawson telah menyelesaikan properti ketujuh dalam seri Alain de Botton's Living Architecture.

Ia terinspirasi rumah Jepang dan biara-biara Benediktin dalam merancang Life House, yaitu rumah seluas 260 meter persegi.

Fitur-fiturnya meliputi ruang gelap dan damai yang disembunyikan di sisi bukit, ruang kontemplasi yang menghadap pegunungan Welsh, Wales.

"Di rumah ini saya ingin membuat sebuah tempat perlindungan sekuler dan modern, di mana para tamu dapat menikmati manfaat introspeksi, kesendirian dan perendaman di alam," jelas Pawson yang terkenal karena gaya arsitektur minimal.

Life House atau Ty Bywyd, terletak di lereng yang lebih rendah dari lembah dekat Llandrindod Wells. Ini adalah properti pertama Welsh dalam portofolio Living Architecture tentang rumah liburan.

Alain de Botton, penulis dan filsuf, mendirikan perusahaan pada tahun 2010 untuk mempromosikan arsitektur kontemporer kepada publik Inggris.

Properti Pawson ini dirancang sehalus mungkin seperti bayangan. Untuk membuat penampilan suram ini, bagian luarnya didominasi dari satu bahan, yaitu bata hitam Denmark.

Bahan yang sama dipasang pada dinding di dalam gedung, namun nadanya berubah menjadi abu-abu sangat pucat.

Lebih dari 80.000 batu bata buatan tangan yang digunakan, dan dilengkapi dengan polesan sederhana lainnya termasuk lantai beton yang dipoles dan langit-langit kayu cemara Douglas.

Denah lantai mencakup dua koridor yang bersama-sama membentuk suatu bentuk L. Satu koridor yang dikenal sebagai koridor gelap, menuju ke ruang terendam di mana para tamu diundang untuk berbaring dalam kegelapan.

Halaman:


Sumber Dezeen
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X