Kompas.com - 19/04/2016, 17:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait moratorium reklamasi Teluk Jakarta, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Salah satunya adalah penghentian selama-lamanya.

"Penghentian sementara ini punya dua kemungkinan, tidak jadi atau terus dan itu tergantung semua kajiannya apakah komprehensif dan konsisten atau tidak," ucap Pakar Hukum Lingkungan Hidup, Asep Warlan Yusuf, di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Asep melanjutkan, pengkajian itu nantinya memberikan dampak luar biasa bagi tata ruang dan masyarakat pasti akan ada perpanjangan waktu untuk mengkaji lebih lanjut.

Namun, jika perpanjangan kajian itu tidak memberikan hasil lebih baik maka reklamasi Teluk Jakarta kemungkinan besar akan dihentikan.

Kajian yang dilakukan merupakan salah satu rekomendasi dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait pengerjaan reklamasi Teluk Jakarta.

Baca: Ini Rekomendasi Pemerintah untuk Reklamasi Teluk Jakarta

Kajian tersebut rencananya akan dilakukan oleh joint committee yang melibatkan pejabat-pejabat dari Sekretaris Kabinet, Kemenko Kemaritiman, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Jika memang hasil dari kajian joint committee menghasilkan rekomendasi dengan syarat satu dua tiga misalnya begitu maka bisa lanjut terus," tandas Asep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.