Desain Belzberg Hadirkan Nuansa "Layar Tancap" di Rumah

Kompas.com - 28/03/2016, 20:00 WIB
The Real Home Theatre The Real Home Theatre
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Belzberg Architects menciptakan sebuah rumah dengan konsep home theatre tetapi dalam versi lebih besar. Secara harfiah mampu memberikan suguhan film di layar besar yang berada di rumah.

Rumah yang terletak di Hollywood Hills, Los Angeles (LA), Amerika Serikat (AS) ini menonjolkan cara baru untuk menghibur keluarga dan teman-teman melalui film yang diproyeksikan di dinding belakang rumah tamu.

Baik keluarga ataupun tetangga sama-sama bisa duduk di luar rumah sambil menikmati film dan pemandangan indah kota LA.

The Real Home Theatre

Arsitek Hagy Belzberg dari Belzberg Architects mengatakan, rumah utama dan rumah tamu secara formal terhubung, namun secara fisik dipisahkan oleh sebuah ruangan otomatis.

Ruang ini berfungsi sebagai ruang pertemuan untuk kegiatan sosial dan sebuah platform guna melihat proyeksi ke bagian selatan rumah tamu.

"Dengan aktivasi eksterior seperti itu dan mendorong interaksi antara dua rumah, kami memaksimalkan nilai terbatasnya ketersediaan ruang di dalam rumah," tambah Belzberg.

Meskipun begitu, rumah dengan luas 538 meter persegi dan lokasi menakjubkan ini justru dirancang bersahabat dengan jumlah anggaran yang sangat terbatas.

Belzberg menjelaskan, bangunan ini sangat memerhatikan lingkungan dengan rancangan disesuaikan untuk dana terbatas dan didukung juga oleh penggunaan material lokal di dalamnya.

The Real Home Theatre

Kebutuhan material lokal juga diakui Belzberg sebagai realisasi dari pendekatan rancangan ekonomis dan keinginan membangun gedung ramah lingkungan.

"Konsep umum rumah ini datang dari Carbon Neutral Economics dan menggunakan bahan-bahan material untuk bisa menghemat emisi transportasi karbon," sebut Belzberg.

Belzberg juga mengganti sistem photovoltaic dan turbin angin yang dianggap mahal dengan menggunakan prinsip desain pasif.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X