Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Kamar Mandi "Star Wars" Bangun Ruang "Basement" Terbesar di London

Kompas.com - 23/03/2016, 10:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Seorang taipan penjual kamar mandi "Star War"s telah diberi lampu hijau untuk bangunan yang diyakini sebagai ruang bawah tanah terbesar di London.

Robert Beecham, 65 tahun, selangkah lagi memuluskan rencana untuk membangun rumahnya di Primrose Hill, London utara.

Pembangunan kembali rumah senilai 15 juta poundsterling (Rp 280,5 miliar) ini termasuk basement besar dengan panjang 200 kaki (60,9 meter) atau setara tujuh bus London.

Ini akan menjadi rumah dengan ruang pesta untuk 80 orang, pemandian Turki serta ruang untuk menyimpan cerutu.

Rumah tersebut juga mencangkup dua bar, gym, kolam renang, jacuzzi, dapur, bioskop dan ruang relaksasi atau ruang pijat.

Properti gaya baru ini akan menggantikan townhouse yang saat ini berada di situs yang sama dan dibangun 26 tahun yang lalu.

Para ahli memperkirakan, nilai konstruksinya 70 juta poundsterling atau ekuivalen dengan Rp 1,3 triliun.

Rumah dua lantai tersebut memiliki tujuh kamar tidur dan serangkaian ruang tamu untuk Beecham dan istrinya Claire, 54.

Bagian dari ruang bawah tanah dirancang setinggi 15 kaki (4,5 meter), meskipun mayoritas akan memiliki tinggi 9 kaki (2,7 meter).

Sebagai bagian dari perjanjian tersebut, sang pengusaha akan memberikan kontribusi 600.000 poundsterling (Rp 11,2 miliar) untuk menuju perumahan yang terjangkau di Camden.

Beecham menambah kekayaannya setelah ia memenangkan lisensi produk pertama di Eropa untuk barang-barang Star Wars pada tahun 1977.

Lisensi ini memberinya hak untuk membuat bak mandi anak-anak yang menampilkan karakter dari film, dan produk-produknya termasuk shampoo, sabun dan botol mandi busa dalam bentuk Darth Vader dan droid R2-D2.

Setelah menjual perusahaannya ke Hasbro pada tahun 2002, ia menjadi pengembang properti dan kemudian meluncurkan sebuah perusahaan desainer mainan disebut Dudebox.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com