Antisipasi Libur Paskah 2016, Jasa Marga Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 21/03/2016, 22:02 WIB
Jalan Tol Jakarta-Cikampek Dokumentasi BPJT Jalan Tol Jakarta-Cikampek
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Berkaca pada pengalaman macet total saat Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menyiapkan beberapa langkah antisipatif jelang libur Paskah, 24-27 Maret 2016.

Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk Christantio Prihambodo menjelaskan, perseroan telah menyiapkan empat langkah antisipatif. Pertama dan utama adalah rekayasa lalu lintas.

Pada simpang susun (interchange) Cikunir Ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), akan diberlakukan sistem buka/tutup lalu lintas dari arah Rorotan menuju Cikampek dengan prioritas utama dari arah Cawang, dan Jatiasih menuju Cikampek.

Sistem buka/tutup juga berlaku di Tempat Istirahat (TI) Ruas Jakarta-Cikampek yakni TI Km 19, TI Km 33, TI Km 39, dan TI Km 62, serta TI Ruas Purbaleunyi di Km 97.

Dalam kondisi darurat saat antrian kendaraan sangat padat akan dilakukan pengoperasian contra flow di sekitar wilayah TI. 

"Contra flow  untuk arus mudik atau Jalur A arah Cikampek berlaku di Km 14 sampai dengan Km 23+600, dan Km 35 sampai dengan Km 41," tutur Christantio di Jakarta, Senin (21/3/2016).

Dia melanjutkan, untuk contra flow Jalur B atau arus balik, berlaku di Km 65 sampai dengan Km 50, dan Km 44+800 sampai dengan Km 42+200. 

Rencana pengalihan arus lalu lintas di Tol JORR Ramp 3 Cikunir melalui Gerbang Tol Kalimalang 2 akan dilakukan jika antrian kendaraan telah mencapai Km 40 di Jatiasih, Km 2 (Halim) Ruas Tol  Jakarta-Cikampek, dan Km 3 (Pancoran) Ruas Tol Dalam Kota. 

Sementara di Gerbang Tol Cikarang Utama 1, Jasa Marga akan melakukan transaksi jemput kendaraan apabila terjadi antrian panjang maksimal 2 kilometer. 

Sebaliknya jika antrian kendaraan mencapai 10 kilometer, maka Gerbang Tol Cikarang Utama 2 yang semula merupakan pintu keluar (exit) digunakan menjadi pintu masuk (entrance) secara bertahap.

Apabila terjadi kemacetan saat arus mudik di Gerbang Tol Cikarang Utama, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 3 dan masuk kembali melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 1.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X