Ongkos Hidup 10 Kota Ini Termahal di Dunia

Kompas.com - 16/03/2016, 09:30 WIB
Suasana Merlion Park yang selalu ramai di Singapura. KOMPAS.com/FIRA ABDURACHMANSuasana Merlion Park yang selalu ramai di Singapura.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Economist Intelligence Unit (EIU) kembali mengeluarkan daftar 10 Kota Termahal di Dunia dalam laporannya yang bertajuk "Worldwide Cost of Living Survey 2016."

New York dan Los Angeles berada dalam daftar tersebut dengan London juga menyeruak di 10 besar dan Singapura masih menjadi kota paling mahal di dunia.

Jarak antara Singapura dan dua kota berikutnya dalam daftar tersebut sangat dekat. Zurich dan Hongkong merupakan dua kota yang menguntit Singapura di tempat kedua.

Hongkong berhasil naik 7 peringkat dalam kurun waktu 12 buan terakhir. Sementara London, New York, dan Los Angeles berada di posisi enam, tujuh, dan delapan.

Posisi ketujuh milik New York merupakan posisi tertingginya sejak 2002. Faktanya, New York memiliki peningkatan harga dalam lima tahun terakhir sehingga bisa naik 42 peringkat sejak 2011.

Laporan tahunan yang memberikan peringkat pada 133 negara berdasarkan survei dua kali setahun itu menyebutkan, transportasi dan biaya utilitas tinggi membuat Singapura berhasil merengkuh posisi sebagai kota paling mahal di dunia.

"Singapura merupakan tempat paling mahal di dunia untuk membeli sebuah mobil. Hal itu semua berkat sistem Sertifikat Pembagian Hak Singapura yang kompleks," sebut laporan tersebut.

Biaya transportasi di Singapura bahkan 2,7 kali lebih tinggi daripada New York. Meski begitu, untuk bahan makanan dasar, kota ini masih lebih murah dibandingkan kota-kota di negara-negara Asia lainnya.

Sebut saja Seoul yang 33 persen lebih mahal, Hongkong 28 persen lebih mahal, dan Tokyo 26 persen lebih mahal.

"Nilai untuk uang dapat ditemukan oleh mereka yang mencarinya," rangkum laporan itu.

Munculnya kota-kota Amerika Serikat (AS) seperti New York dan Los Angeles disebabkan terpaan mata uang yang lebih besar dibandingkan dengan siginifikansi kenaikan harga lokal.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X