Kompas.com - 14/03/2016, 14:34 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com — Tahukah Anda bahwa penganyam rotan sintetis paling terampil di Indonesia adalah mereka yang berasal dari Cirebon?

Hal ini diungkapkan pemilik PT Latif Industries International, Puji Latif, kepada Kompas.com, Jumat (11/3/2016). 

PT Latif Industries International sudah lama mendapatkan manfaat dan penggunaan jasa penganyam rotan asal Cirebon ini. 

Bahkan, dari total 250 pegawai, separuh di antaranya berasal dari Kota Udang, sementara sebagian lainnya dari sekitar kawasan Kediri.

"Cirebon memang paling terkenal karena masyarakatnya terampil menganyam. Sementara itu, keterampilan menganyam itu butuh waktu, mungkin sekitar enam bulan," kata Puji.

Dia mengaku, usahanya termasuk padat karya dan bisa sewaktu-waktu menambah orang. Pasalnya, produk dia lebih banyak menggunakan teknik menganyam dan dibuat secara manual.

Selain Cirebon, kata dia, penganyam juga didatangkan dari Jepara dan Semarang. Menurut Puji, kota-kota ini paling banyak menghasilkan mebel anyaman, khususnya dari rotan.

Tidak hanya itu, Puji juga menyediakan ruang khusus bagi masyarakat di Kediri untuk belajar menganyam menggunakan rotan sintetis.

Sementara itu, terkait pasar, meski hanya memproduksi mebel yang dikirim ke Amerika Serikat, tidak menutup kemungkinan PT Latif juga merambah Eropa.

"Kami terbuka kemungkinan ke pasar lain. Kalau di Eropa, pasar yang paling besar adalah Inggris dan Spanyol. Kami juga mempertimbangkan Australia," kata Puji.

Di pasar lokal sendiri, ia mengaku belum menjual mebel rotan sintetis ke mana pun. Namun, Indonesia dinilai sebagai pasar yang cukup bagus dan besar untuk mebel.

Puji juga telah bertemu dengan beberapa desainer muda yang inovatif dan tertarik dalam penggunaan mebel rotan sintetis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.