Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Minggu, PT Latif Kirim 10 Kontainer Furnitur ke AS

Kompas.com - 14/03/2016, 14:14 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen furnitur luar ruangan berbahan rotan sintetis, PT Latif Industries International sudah mulai berbisnis mebel sejak 2005. Saat ini, perusahaan asal Kediri, Jawa Timur, tersebut memiliki pengimpor tetap di Amerika Serikat (AS).

"Kami mengekspor 10 kontainer setiap minggu. Ini pun selangkah demi selangkah, tidak langsung saat pertama kali pesan 10 kontainer," ujar pemilik PT Latif Industries International Puji Latif kepada Kompas.com, Jumat (11/3/2016).

Puji menuturkan, saat pertama kali membuka bisnis ini, 5 tahun pertama adalah masa-masa terberatnya. Menurut Puji, 5 tahun tersebut menjadi saat untuk pengenalan merek kepada pasar, khususnya calon konsumen.

Dalam kurun waktu tersebut, pemesanan tidak banyak. Saat itu perusahaannya hanya mengirim 1 kontainer dalam 1 bulan.

Namun, ia dan suami tidak patah semangat. Sebaliknya, Puji justru bersyukur karena dengan pengiriman 1 kontainer tiap bulan ini, cukup untuk membayar gaji para pegawainya.

Meski hanya mampu mengirim 1 kontainer per bulan, kualitas produk tetap mereka jaga. Untuk itu, perusahaan bertanggung jawab atas seluruh proses produksi.

"Semua material kita buat sendiri, bahkan mulai dari plastiknya. Dulu kita beli dari Singapura, tapi sekarang kita buat sendiri," jelas Puji.

Ia menambahkan, AS dipilih menjadi pasar utama waktu itu karena tahun 2008, ekonomi global sedang krisis. Di Eropa, bahkan semua pembeli menahan kegiatan konsumsinya.

Sebaliknya, AS menurut Puji justru lebih stabil. Pasarnya juga lebih besar daripada Eropa.

Saat ekonomi Eropa mulai membaik, Puji kini juga mempertimbangkan untuk mengincar pasar di Inggris.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com