Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tirulah China, Semua Kotanya Punya Gedung Pameran

Kompas.com - 19/02/2016, 10:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis penyelenggaraan acara atau sering dikenal meeting, incentive, conference, exhibition (MICE), mulai naik seiring penambahan gedung-gedung baru.

Mulai dari Indonesia Convention & Exhibiton (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, hingga Grand City Mall & Convex, Surabaya. Kebutuhan lahan dan area untuk pameran pun mulai terpenuhi.

Menurut Presiden Direktur PT Debindo-ITE Effi Setiabudi, penambahan gedung tidak hanya dibutuhkan di Jakarta dan Surabaya.

"Kota-kota seperti Makassar dan Medan perlu juga dibangun gedung seperti ini. Karena, kapasitas gedung yang ada tidak mencukupi lagi," ujar Effi kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Di Medan, tutur Effi, bahkan tidak ada gedung pameran yang tersedia. Selama ini, Debindo menggelar pameran di Hotel Santika, Medan.

Padahal, masuk Hotel Santika dinilai cukup sulit. Pasalnya, untuk menuju ruangan atau ballroom diadakannya pameran, pengunjung harus masuk sebagai tamu hotel.

Jadi, menurut Effi, gedung-gedung pameran ini perlu diperbanyak bahkan sampai di daerah. "Kota lain harusnya kepala daerahnya mau membangun. Bandingkan dengan China, seluruh provinsi dan kotanya ada gedung pameran," jelas Effie.

Sebelum ada Indonesia Convention & Exhibiton (ICE) BSD City, pameran besar hanya bisa ditampung di Jakarta Convention Center dan JIEXPO Kemayoran.

Dua gedung ini kapasitasnya sudah sangat terbatas karena ketika pengunjung dan peserta membeludak akan sangat ramai. Daftar pameran untuk dua gedung ini juga sudah sangat panjang dan jadwalnya penuh.

Tidak hanya di Jakarta, Surabaya juga memiliki gedung pameran yang dinilai cukup besar. Setelah ada Grand City Mall & Convex, penyelenggara pameran bisa leluasa mengundang banyak peserta dan pengunjung.

"Kami dulu pameran di mal Surabaya. Setelah ada Grand City, kami pindah. Terbukti tahun lalu kalau mau pesan tempat masih gampang. Sekarang sudah susah," tutur Effi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com