Kompas.com - 21/01/2016, 09:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Indonesia menempati posisi kedua di dunia dalam hal pembangunan gedung tinggi. Negara ini mengungguli Uni Emirat Arab, Rusia, Korea Selatan, malaysia, Meksiko, Panama dan Amerika Serikat.

Indonesia hanya kalah dan harus mengakui kedigdayaan China yang berhasil membangun 62 pencakar langit dengan total tinggi 15.347 meter. (Baca: Jakarta Semakin Menjulang)

Menurut The Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), sepanjang 2015, Indonesia berhasil merampungkan pembangunan 9 gedung dengan total tinggi mencapai 1.908 meter.

Di posisi ketiga dan keempat ditempati Uni Emirat Arab dengan 7 gedung (1.871 meter) dan Rusia yang menyumbang 5 gedung (1.342 meter).

Berikutnya berturut-turut ada Korea Selatan dengan 3 gedung (679 meter) dan Malaysia, Meksiko, Panama, serta Amerika Serikat yang kompak membangun dua gedung.

Sisanya sebanyak masing-masing 1 gedung tersebar di Arab Saudi, Australia, Azerbaijan, Bahrain, Filipina, Italia, India, Kanada, Korea Utara, Prancis, Turki, dan Vietnam.

Secara umum, menurut CTBUH terdapat 106 gedung dengan ketinggian 200 meter atau lebih yang dibangun di seluruh dunia sepanjang 2015. 

Fakta ini merupakan rekor dunia baru untuk kategori penyelesaian gedung tinggi dalam setahun.

Penyelesaian 106 gedung jangkung pada 2015 mengalahkan rekor-rekor pada tahun-tahun lampau, termasuk rekor penyelesaian 99 gedung pada 2014.

Angka tersebut membuat jumlah gedung dengan tinggi 200 meter atau lebih bertambah menjadi 1.040 di seluruh dunia. 

Jumlah lebih dari 1.000 ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah dan membuat peningkatan hingga 392 persen sejak tahun 2000 ketika gedung-gedung tinggi hanya berjumlah 265.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.