Kompas.com - 07/12/2015, 11:12 WIB
Kingdom Tower yang direncanakan setinggi 1 kilometer Jeddah Economy Company/Adrian Smith Gordon Gill ArchitectureKingdom Tower yang direncanakan setinggi 1 kilometer
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Rekor menara terbesar, tertinggi, dan termahal di dunia yang dimiliki Dubai akan tersaingi oleh jirannya, Jeddah.

Kota di Arab Saudi ini akan membangun menara yang membutuhkan 5,7 juta kaki persegi dan 80.000 ton baja dengan tinggi satu kilometer.

Ikon Dubai, Burj Khalifa yang menjadi gedung tertinggi dunia terancam kehilangan gelar World Guiness Record jika Jeddah berhasil membangun Jeddah Tower.

Pembangunan diperkirakan menelan dana 1,23 miliar dollar AS. Jeddah Economy Company dan Investor Arab Saudi, Alinma telah menandatangani kesepakatan pembiayaan senilai 2,2 miliar dollar AS untuk membangun Kota Jeddah termasuk pencakar langit ini.

Jeddah Tower yang direncanakan sebagai tertinggi di dunia, sudah mencapai 26 lantai dan dijadwalkan selesai 2020. Sementara Burj Khalifa berdiri setinggi 2.716 kaki atau 828 meter.

Dengan dicapainya kesepakatan tersebut, mereka yakin dapat menoreh pencapaian baru yang belum pernah diraih sebelumnya.

Kesepakatan itu bakal melahirkan perkotaan kelas dunia yang menawarkan gaya hidup baru untuk semua kalangan.

"Jeddah mungkin memiliki ikon kota yang menarik semua lapisan masyarakat dengan layanan yang komprehensif dan multifungsi," kata Chief Executive Officer Jeddah Economic Company, Mounib Hammound.

Jeddah Economy Company/Adrian Smith Gordon Gill Architecture Lobi Kingdom Tower yang direncanakan.
Prestasi arsitektur

Sebelumnya, Jeddah Tower dijuluki Kingdom Tower. Dirancang sejangkung 200 lantai dan menghadap Laut Merah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN Travel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.