Setahun Beroperasi di Indonesia, IKEA Dikunjungi 2,5 Juta Orang

Kompas.com - 15/10/2015, 19:00 WIB
Arimbi Ramadhiani Toko IKEA Indonesia, di Alam Sutera, Tangerang, Banten, Senin (13/10/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru setahun beroperasi di Indonesia,  IKEA dikunjungi 2,5 juta orang atau 5.000 pengunjung per hari. Toko perabot rumah tangga asal Swedia ini membuka gerai perdananya di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Banten, pada 15 Oktober 2014 lalu.

"Kami senang dapat merayakan satu tahun keberadaan toko IKEA di Alam Sutera, dan kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas sambutan yang baik," ujar General Manager IKEA Indonesia, Mark Magee, dalam keterangannya kepada Kompas.com, Kamis (15/10/2015).

Masyarakat yang berkunjung ke toko IKEA Alam Sutera tidak hanya datang dari daerah Jabodetabek, melainkan juga dari kota Bandung, Surabaya dan bahkan Pulau Bali dan Pulau Sumatera.

Keberadaan toko IKEA di Indonesia telah dirasakan manfaatnya dalam memberikan inspirasi dan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya penggemar produk-produk bernuansa Skandinavia, yang ingin menampilkan tatanan rumah dengan keunikan tersendiri.

Selain memberi inspirasi, toko IKEA juga memperkenalkan konsep do-it-yourself yang memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk memilih, mengambil barang dan merakitnya sendiri di rumah. 


HBA/Kompas.com IKEA meluncurkan Katalog 2016, Senin (1/9/2015). Tampak dalam gambar katalog raksasa yag dipamerkan di Senayan City, Jakarta.
”Pada awalnya terdapat kekhawatiran akan penerimaan konsep tersebut, namun ternyata masyarakat sangat terbuka dengan konsep kami, bahkan hal ini menjadi keunikan tersendiri,” tandas Mark Magee. 

Selain menjual produk-produk rumah tangga, selama kehadirannya di Indonesia, IKEA juga menjalankan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian tanggung jawab sosial terhadap masyarakat dan lingkungan.

Salah satu program yang dicetuskan oleh IKEA Indonesia adalah Blue Bag Project. Program ini menerapkan skema 100 persen hasil penjualan tas ‘Blue Bag’ disumbangkan untuk membangun 100 septik tank di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Program yang dimulai bersamaan dengan pembukaan toko IKEA Alam Sutera tersebut kini telah memasang 84 septik tank.

“IKEA mengapresiasi partisipasi masyarakat yang dengan sukarela membeli Blue Bag untuk didonasikan bagi pembangunan sanitasi di Kelurahan Penjaringan,” ujar Mark Magee.

Memasuki tahun kedua, IKEA akan terus menghadirkan ide-ide inspirasional dan solusi. Salah satunya melalui Katalog IKEA 2016 yang menghadirkan aneka produk perabotan dengan harga terjangkau. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorHilda B Alexander

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X