Jerman Memimpin Eropa

Kompas.com - 09/10/2015, 15:29 WIB
ILUSTRASI - Kamar hotel ThinkStockILUSTRASI - Kamar hotel
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Pasar hotel global terkini menghadapi perubahan besar-besaran. Beberapa negara sedang giat membangun fasilitas akomodasi dengan jumlah pasokan kamar signifikan. Termasuk di antaranya negara-negara Eropa macam Jerman, Inggris, Perancis, dan Spanyol.

Menurut data TOPHOTELPROJECTS, Jerman saat ini memimpin Eropa dalam pipa pengembangan terbanyak dengan 554 hotel. Jumlah ini merupakan sepertiga dari total hotel yang dibangun di benua ini dengan jumlah 250.539 kamar dari 1.513 hotel. 

Menyusul di tempat kedua adalah Inggris dengan 77.142 kamar dari 172 hotel, Perancis dengan 15.281 kamar dari 86 hotel, Spanyol dengan 15.717 kamar dari 82 hotel, dan Italia di tempat kelima dengan 10.301 kamar dari 81 hotel.

Kendati pipa pengembangan hotel baru di Eropa melonjak drastis, namun jika dikomparasikan dengan negara lain masih berada di bawahnya. Amerika Serikat, contohnya, sedang membangun sebanyak 1.347 hotel dengan jumlah kamar 286.882 unit. Sementara China menggenjot konstruksi 218.089 kamar dari 729 hotel. 

Menurut analis perhotelan internasional Stephan Gerhard, perubahan struktural industri perhotelan di Jerman terjadi secara simultan. Jaringan hotel lebih agresif memperluas pangsa pasarnya. Tidak hanya membidik kelas menengah, mewah, juga kelas ekonomi.

"Selain itu, tuntutan kualitatif tamu juga mengalami perubahan, dan akan meningkat lebih lanjut dalam beberapa tahun ke depan. Bisnis biasa-biasa saja akan menghadapi kesulitan, dan hanya perusahaan yang baik yang mampu bertahan," tandas Gerhard.




Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X