Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carlson Panorama Kelola Radisson Medan

Kompas.com - 22/09/2015, 20:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - PT Carlson Panorama Hospitality, perusahaan patungan antara Carlson Rezidor Hotel Group dan Panorama Group menjalin kesepakatan manajemen Radisson Medan, Sumatera Utara. Kontrak pengelolaan ini ditandatangani pada Senin (21/9/2015).

Saat ini hotel masih beroperasi dengan nama Asean International Medan sebelum diganti dengan nama baru. Hotel ini secara ekstensif direnovasi dengan perkiraan biaya 5 juta dollar AS dari perencanaan perbaikan properti. Sepanjang renovasi, Asean International Medan akan tetap beroperasi, hingga kemudian berganti nama menjadi Radisson Medan pada pertengahan tahun 2016.

Radisson Medan merupakan portofolio kelima dari Carlson Rezidor di Indonesia, setelah Radisson Blu Bali Uluwatu, Radisson Golf and Convention Center Batam, Park Inn by Radisson Lampung dan Radisson Jakarta Cengkareng.

Dipilihnya Medan, karena kota ini merupakan terbesar keempat di Indonesia, dan berada pada radius penerbangan satu jam dari Singapura, Kuala Lumpur dan Penang. Mengingat lokasinya sebagai pintu gerbang ke kawasan pariwisata Danau Toba yang sedang difokuskan pengembangannya oleh Kementerian Pariwisata Indonesia, Medan juga tumbuh sebagai tempat tujuan wisata.

Radisson Medan mencakup 219 kamar, dan terletak Jl H Adam Malik. Hotel ini menawarkan kemudahan akses menuju bandara Kualanamu, yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia serta terhubung ke pasar domestik utama.

Presiden Carlson Rezidor Hotel Group Asia Pacific, Thorsten Kirschke, mengatakan, sebagai pusat ekonomi dan komersial di Indonesia bagian utara, Medan merupakan kota tujuan penting bagi pelancong bisnis domestik.

"Radisson Medan merupakan portofolio membanggakan bagi kami di Indonesia. Kami terus tumbuh bersama mitra strategis jangka panjang kami, Panorama Group," tambah Kirschke.

Sebelumnya, pada 2013, Carlson Rezidor menandatangani strategi kemitraan dengan Panorama Group untuk bersama-sama mengembangkan Carlson Rezidor di berbagai kawasan wisata unggulan dan kota-kota besar Indonesia. Termasuk Bali, Jakarta dan Surabaya, serta di beberapa kota berkembang lainnya macam Bandung, Bintan, Lombok, Makassar, dan Palembang

Radisson Medan dimiliki oleh VIGOUR Group, kelompok bisnis keluarga yang bergerak di bidang agribisnis, hotel, barang-barang konsumen dan minuman beralkohol.

"Ini adalah bagian dari strategi VIGOUR Group untuk meningkatkan portofolio hotel kami. Radisson adalah merek yang diakui secara global dan kami yakin ini akan mendorong kinerja hotel dan memberikan pengembalian yang kuat untuk investasi kami," tandas Komisaris VIGOUR Group sekaligus Direktur PT Aiho Indah, Philander Jong.

Di Asia Pasifik, Carlson Rezidor saat ini memiliki 13 hotel Radisson yang sudah beroperasi dan 21 lagi dalam proses pembangunan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com