Kompas.com - 08/10/2015, 18:21 WIB
ILUSTRASI - Kamar hotel ShutterstockILUSTRASI - Kamar hotel
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati secara umum pasar perhotelan mengalami perlambatan permintaan 1,2 persen menjadi 57,2 persen seiring efisiensi perusahaan-perusahaan dan kebijakan pengetatan pengeluaran pemerintah, hotel kelas ekonomi atau budget di Jakarta terus bertambah.

Menurut catatan Colliers International Indonesia, sampai kuartal III-2015 terdapat beberapa hotel yang memulai operasionalnya. Termasuk hotel di bawah kendali Archipelago International yang bertajuk Favehotel Zainul Arifin dengan jumlah 84 kamar.

Jumlah kamar ini menggenapi total hotel murah di Jakarta menjadi sebanyak 4.818 kamar atau melonjak 9,6 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan posisi pada akhir 2014 lalu. 

Colliers memperkirakan, dalam dua tahun ke depan operator macam Archipelago International akan melakukan ekspansi bisnisnya dengan mengoperasikan lebih banyak lagi hotel ekonomi, termasuk Favehotel, dan NEO. 

"Sejauh ini, seluruh merek hotel murah tersebut merupakan pesaing terberat bagi hotel-hotel yang dikelola Tauzia Management dengan merek Harris, Yello, dan Pop," ujar Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, Selasa (6/10/2015). 

Hingga tahun ini berakhir, lanjut Ferry, akan hadir sebanyak 591 kamar baru yang berasal dari empat hotel yakni Whiz Cipete, Whiz Hayam Wuruk, Amaris Simatupang, dan @HOM Cawang. 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.