Kompas.com - 26/09/2015, 20:00 WIB
Garasi bawah tanah yang sebelumnya hanya dibangun sementara oleh Christian Bale untuk film The Dark Knight, kini dibuat nyata oleh arsitek berbasis Australia, Molecule. Garasi bawah tanah yang sebelumnya hanya dibangun sementara oleh Christian Bale untuk film The Dark Knight, kini dibuat nyata oleh arsitek berbasis Australia, Molecule.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan arsitektur yang berbasis di Australia, Molecule, baru-baru ini membangun sebuah rumah pahlawan super di Melbourne. Molecule membangun rumah ini untuk satu kliennya yang beruntung dan, tentu saja, kaya.

Klien ini sudah pasti adalah seorang penggemar "Batman" karena dia mendapatkan garasi bawah tanah yang sebelumnya hanya dibangun sementara oleh Christian Bale untuk film The Dark Knight. Molecule bahkan menyebut proyek tersebut sebagai "Wayne Residence".

Fitur paling luar biasa adalah cara mobil masuk ke garasi "Batcave" atau "sarang kelelawar" di bawah tanah. Untuk memasuki garasi tersebut, ada sebuah jalan hidrolik yang mengangkat lapangan tenis dan taman di atasnya.

Intervensi skala besar yang paling jelas adalah selama penggalian. Setelah menyelesaikan pekerjaan, lubang raksasa pun diisi, 'atap' dari ruang bawah tanah ditumpuk dengan tanah baru. Sedangkan taman dan lapangan tenis dikembalikan seutuhnya.

Untuk memasuki garasi tersebut, ada sebuah jalan hidrolik yang mengangkat lapangan tenis dan taman di atasnya.
Teknik yang inovatif memungkinkan mobil untuk mengakses ruang bawah tanah melalui jalan tersembunyi yang tertutup hidrolik dan di atasnya diselimuti dengan rumput. Setelah masuk, panel langit-langit bercahaya dan dinding belakang berupa cermin digabungkan untuk menciptakan ilusi tak berujung. Ruang garasi utama dengan fitur lampu yang memenuhi langit-langit, memberi kesan kuat bahwa lokasinya memang di bawah tanah.

Sebuah tangga yang secara vertikal menghubungkan ruang bawah tanah dan rumah, lantainya terbuat dari kayu solid sementara kayu cladding menanjak dari ruang bawah tanah hingga ke atas. Tangga yang terletak di celah langit-langit berfungsi sebagai penghubung antara "dua dunia", yakni "Batcave" dan rumah utamanya.

Rumah yang memiliki garasi "Batcave" di Australia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.